Leisure

Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan

Manisnya air kelapa setara dengan soda dan jus, namun memiliki manfaat yang lebih baik

JABARNEWS | BANDUNG – Air kelapa mengandung banyak gizi sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia dimana komposisi air kelapa itu sendiri terdiri dari 95% air, 4% karbohidrat, dan masing-masing protein dan lemak dengan jumlah dibawah 1%.

Berdasarkan Academy of Nutrition and Dietetics, air kelapa adalah minuman yang rasa manisnya setara dengan soda dan jus, akan tetapi memiliki manfaat yang lebih baik dibandingkan dengan kedua minuman tersebut. Hal ini dikarenakan air kelapa mengandung lebih sedikit gula dan karbohidrat dibandingkan soda dan jus. Selain itu, air kelapa pun mengandung mineral dan elektrolit seperti natrium dan kalium.

Dengan kandungan yang terdapat dalam air kelapa tersebut, air kelapa banyak diminati masyarakat untuk dikomsumsi guna memenuhi kebutuhan gizi harian.

Berikut adalah manfaat dari air kelapa untuk kesehatan tubuh Anda.

1. Membantu menurunkan berat badan 

Mengonsumsi air kelapa untuk menggantikan minuman berkalori tinggi seperti soda, akan membantu penurunan berat badan Anda karena Anda akan mendapatkan pemasukan kalori yang lebih sedikit. Dikutip dari Livestrong, apabila 0,5 kg massa tubuh setara dengan 3500 kalori, mengonsumsi air kelapa dalam seminggu untuk menggantikan soda yang memiliki 151 kalori per 30 ml soda, akan membantu Anda menurunkan berat badan hingga hampir 1 kg massa tubuh selama satu tahun.

Meskipun air kelapa rendah kalori, kandungan gula yang dimiliki cukup tinggi, yaitu sekitar 6,3 gr dalam 1 cangkirnya (setara dengan 240 ml). Meskipun termasuk jenis gula alami, terlalu sering mengonsumsi gula justru akan meningkatkan risiko Anda bertambah berat badan dan mengalami obesitas.

Sebisa mungkin usahakan untuk mengonsumsi air kelapa asli karena jumlah kandungan gulanya yang masih dalam batas wajar.

2. Mengurangi stres dan tegang otot

Jumlah kalsium, magnesium, dan nutrisi lain yang terdapat pada air kelapa diketahui dapat mengurangi tingkat stress dan ketegangan pada otot.

Magnesium yang terdapat pada air kelapa membantu tubuh memproduksi lebih banyak hormon serotonin yang berfungsi membuat tubuh menjadi lebih bersemangat.

Selain itu, kandungan kalsiumnya yang tinggi juga akan membantu efek tersebut untuk bertahan lebih lama, sehingga membuat Anda tidak mudah stress dan marah.

3. Baik untuk kesehatan kulit

Air kelapa merupakan salah satu nutrisi yang dapat anda usapkan pada wajah dan biarkan semalaman. Ia memiliki sifat memperbaiki dan baik untuk kulit bahkan dapat anda terapkan pada tangan dan kuku.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

Kandungan elektrolit dalam air kelapa dipercaya dapat menjadi penyeimbang elektrolit dalam tubuh sehingga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Untuk mengntrol diabetes

Mengkonsumsi air kelapa secara teratur diketahui dapat meningkatkan sirkulaso darah dalam tubuh sehingga akan sangat membantu untuk melebarkan pembuluh darah yang bisa mengecil karena pembentukan plak dan membantu darah mengalir lancar sehingga akan mengurangi diabetes.

Itulah beberapa diantara manfaat air kelapa yang bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi air kelapa yang tentunya dikonsumsi dengan teratur dan tidak berlebihan.

Sumber berita ini diambil dari berbagai sumber.

Laporan: Ai Nurajijah

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top