Leisure

Mengeringkan Jemuran Dalam Rumah Bisa Mengganggu Kesehatan Anda

uap dari pakaian dapat membuat seseorang menderita aspergillosis paru kronis yang merupakan jenis infeksi jamur (Foto: net)

JABARNEWS | BANDUNG – Memasuki musim penghujan, menjadi kendala tersendiri bagi para ibu rumah tangga. Bukan tanpa sebab, baju yang tak kunjung kering ketika dijemur pun alhasil membuat baju menjadi bau apek.

Sebagai cara lain, anda mungkin akan mengeringkan baju di dalam ruangan dengan cara diangin-anginkan. Namun hal tersebut harus anda waspadai karena dari sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengeringkan jemuran di dalam ruangan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius yaitu infeksi paru-paru.

Penguapan yang terjadi dari cucian yang dikeringkan di dalam ruangan mengeluarkan partikel kimia dalam baju yang jika dihirup dapat menimbulkan masalah pada paru-paru. Selain itu, uap dari pakaian dapat membuat seseorang menderita aspergillosis paru kronis yang merupakan jenis infeksi jamur.

Tingkat kelembapan dalam ruangan akan naik hingga 30%, ketika pakaian dikeringkan didalam ruangan. Hal tersebut dapat membentuk suatu kondisi yang ideal bagi spora jamur untuk berkembang sehingga kesehatan tubuh pun menjadi terganggu.

Spora jamur Aspergillus ini pada umumnya menyerang penderita asma yang memiliki risiko tinggi, orang lanjut usia, bayi dan anak-anak, penderita eksim, dan mereka yang memiliki sistem imun lemah.

Untuk membasmi penyebaran jamur tersebut, usahakan untuk tidak mengeringkan pakaian di dalam ruangan. Jika anda ingin mengeringkannya di dalam ruangan, disarankan dikeringkan dalam ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik dan jauh dari ruang tidur. (Red)

 

Sumber berita ini diambil dari babehinfo.blogspot.co.id

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top