Uncategorized

Menyilangkan Kaki Saat Duduk Berdampak Negatif, Ini Penjelasannya

Duduk dengan posisi kaki disilangkan memiliki dampak negatif bagi kesehatan (Foto: net)

JABARNEWS | BANDUNG – Bagi sebagian wanita, duduk menyilangkan kaki mungkin sering menjadi suatu kebiasaan yang tanpa disadari. Namun ada beberapa hal yang tak wanita sadari akan dampak negatif dari kebiasaan menyilangkan kaki.

Menurut sebuah penelitian fisioterapis National Health Service di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa duduk dengan melipat kaki akan cenderung menempatkan posisi tubuh dalam keadaan membungkuk, sehingga dapat mengganggu kestabilan tulang belakang. Dapat disimpulkan, bahwa duduk dengan menyilangkan kaki dapat menyebabkan nyeri di area punggung dan leher. Hal tersebut dikarenakan tulang belakang terlalu banyak mendapat tekanan karena ketidakseimbangan tersebut.

Selain itu ada beberapa dampak negatif lainnya, diantaranya:

Posisi panggul menjadi tak seimbang
Ketika menyilangkan kaki, maka posisi kaki tidak dalam keadaan yang sama. Hal tersebut menyebabkan posisi panggul menjadi tak seimbang sehingga otot bagian paha dalam akan lebih pendek dibandingkan otot paha bagian luar. Tak hanya itu, sejumlah sendi tubuh pun dapat bergerak ke luar jalur.

Berpotensi menimbulkan varises
Varises merupakan pembesaran atau pelebaran pembuluh darah yang terletak di bawah permukaan kulit. Pada umumnya, hal varises terjadi karena adanya penumpukan darah di suatu tempat. Duduk dengan posisi menyilangkan kaki disinyalir dapat memicu peradangan di pembulu darah. Peradangan pembulu darah dapat terjadi karena saat posisi kaki disilangkan, tekanan darah pun akan semakin meningkat dan mengakibatkan darah yang mengalir menjadi tidak lancar sehingga dapat menyebabkan pembengkakkan dan pelebaran pembulu darah.

Tekanan darah meningkat
Seperti sudah dijelaskan diatas, duduk dengan posisi menyilangkan kaki pun dapat membuat tekanan darah meningkat. Menurut penelitian medis mengatakan, orang yang duduk dengan posisi menyilangkan kaki dalam waktu lama, memiliki tekanan darah yang tinggi. Hal tersebut karena terjadinya pengiriman darah dari kaki ke dada dalam jumlah banyak, sehingga jantung pun harus memompa keras darah karena melawan gravitasi.

Gangguan saraf
Posisi duduk menyilangkan kaki dapat mengganggu saraf peroneal. Saraf peroneal berfungsi untuk memasok gerakan dan kepekaan di bagian bawah kaki dan jari-jari. Ketika kita duduk dengan posisi menyilangkan kaki, maka akan terjadi tekanan di saraf peroneal tersebut. Jika kebiasaan menyilangkan kaki berlangsung terus-menerus, maka dapat menyebabkan mati rasa dan juga dapat memicu kelumpuhan sementara di beberapa otot kaki dan paha.

Itulah tadi beberapa dampak negatif dari menyilangkan kaki saat duduk. Maka oleh dari itu, kurangilah kebiasaan untuk menyilangkan kaki ketika duduk. Semoga info di atas dapat memberi manfaat bagi anda. (Red)

Sumber berita ini diambil dari gadis.co.id

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top