Travel

Nikmati Suasana Alam yang Asri di Kampung Tajur Purwakarta

Gerbang kampung yang dibuat sederhana mengambarkan suasana asri yang tetap terjaga, Sabtu (20/01/2018). (Foto: Red)

JABARNEWS | PURWAKARTA – Jarak yang lumayan jauh dari pusat kota dan letaknya yang berada didataran tinggi, 900 meter di atas permukaan laut, memberikan suasana Kampung Tajur, Desa Pasanggrahan Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta masih asri dan bisa jadi tempat yang cocok untuk sekedar beristirahat, melepas penat.

Hamparan sawah, pepohonan yang rindang, dan pemandangan lereng Gunung Burangrang akan memanjakan mata kamu ketika memasuki kampung Tajur. Selain itu, keramahan warga juga akan menyambut kedatangan mu. Warga kampung senantiasa tersenyum kepada setiap pengunjung. Mereka akan langsung menghampiri dan menyambut kedatangan kamu.

Aktifitas warga ala perkampungan seperti pergi ke ladang, jelajah hutan, menangkap ikan menggembala ternak dan lainya masih dapat kamu temui di Kampung Tajur. Kalau kamu penasaran, jangan gundah buat mencoba aktifitas tersebut. Warga dengan senang hati akan mengajarkanya kepada mu.

Menurut Kepala Desa Pesanggrahan, Acep Rahmat (52) dengan keindahan dan kelestarian alam Kampung Tajur, pengunjung yang kebanyakan anak sekolah paling suka mempelajari cara menanam padi.

“Sempet ada pengunjung yang nangis, ketika belajar dari awal hingga akhir proses padi hingga bisa jadi beras. Mereka nangis karena baru mengerti bagaimana proses yang panjang dan melelahkan yang harus dijalani petani,” kenang Acep saat ditemui di Kampung Tajur, Sabtu (20/01/2018).

Pengalaman bercocok tanam di sawah mungkin akan jadi pengalaman berkesan bagi kamu yang memang lahir dan besar di wilayah perkotaan. Apalagi kamu akan diajarkan langsung oleh para petani tulen di kampung wisata tersebut.

Selain bisa memahami cara bercocok tanam di sawah dan kegitan alam lainya, sejumlah pengunjung juga dapat mempelajari cara membuat produk makanan khas kampung Tajur yaitu gula aren dan rengginang. Sama seperti mempelajari bercocok tanam dan kegiatan alam lainya, kamu akan belajar membuat gula aren dan rengginang dari nol.

Disisi lain, menurut Acep, lingkungan alam yang masih asri di Kampung Tajur juga amat cocok digunakan sebagai tempat pelajar latihan Pramuka. Ia mengaku Kampung Tajur merupakan destinasi favorit untuk latihan pramuka.

Selain alamnya yang masih asri, kondisi rumah warga Kampung Tajur juga terlihat masih berdiri kokoh dengan menggunakan arsitektur khas Sunda, Julang Ngapak yang dindingnya bercorak putih dan hitam. Rumah panggung yang terbuat dari bahan bangunan kayu dan bambu tersebut bisa kamu tinggali selama menikmati pemandangan alam Kampung Tajur.

“Ada 77 rumah yang bisa dipakai homestay pengujung,” ungkap Acep.

Laporan: Gigin Ginanjar

To Top