Smartcity

Pemkot Bandung Operasikan 12 Unit Bandros Baru

Tengah- Walikota Bandung, Ridwan Kamil saat meresmikan 12 unit Bandros, Plaza Balaikota Bandung, Jumat (19/01/2018). (Foto: Red)

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melakukan pengenalan kembali Bandung Tour On Bus (Bandros) di Plaza Balaikota Bandung, Jumat (19/01/2018).

Berbeda dengan Bandros yang terdahulu, kali ini Pemkot Bandung merilis 12 unit Bandros yang berasal dari APBD 2018 setelah sebelumnya dikelola oleh pihak ketiga.

“Akhirnya kami putuskan Bandros itu tidak dengan pola lama dengan adanya meyakinkan pihak ketiga. Kali ini melalui dana APBD, sehingga jumlah yang 12 ini bisa menjadikan rute-rute ini lebih baik,” kata Walikota Bandung, Ridwan Kamil.

Pria yang akrab di sapa Emil ini menerangkan, adanya Bandros tersebut bertujuan untuk memberikan akses kepada wisatawan yang kian meningkat di Kota Bandung.

“Karena kenaikan turis ini selama kepemimpinan saya naik satu juta orang sehingga menambah wisatawan dari enam sekarang tujuh juta,” terangnya.

Untuk selanjutnya, pengelolaan Bandros akan diserahkan Pemkot Bandung kepada pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, serta bus itu nantinya juga sudah dikategorikan sebagai kendaraan umum berplat kuning.

Lebih lanjut, Emil pun akan melakukan evaluasi setelah Bandros setahun beroperasi, untuk ditambah jumlah unitnya.

“Kemudian nanti di evaluasi tahun 2018 kalau masih kurang kita tambah, karena pola sudah didapat,” tuturnya.

Sebagai penutup, ia berharap dengan adanya Bandros wisatawan menjadi nyaman untuk menikmati Kota Bandung tanpa harus menggunakan kendaraan pribadi.

Laporan: Teddy Permana

To Top