Leisure

Pisang, Si Buah Murah Kaya Manfaat

Buah pisang mengandung vitamin sangat tinggi, terutama provitamin A berupa betakaroten (Foto: net)

JABARNEWS | BANDUNG – Bagi masyarakat Indonesia buah pisang merupakan buah yang terbilang cukup murah harganya dan mudah di dapat dikarenakan banyaknya masyarakat yang membudidayakan buah pisang di berbagaai daerah dan buah ini menjadi salah satu buah paling populer di dunia.

Buah pisang menjadi favorit masyarakat dikarenakan pada buah pisang terdapat kandungan gizi serta nutrisi yang sangat lengkap selain itu pisang memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah dikonsumsi semua umur, anak-anak, remaja, ibu hamil hingga orang dewasa.

Nilai energi dalam buah pisang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan nilai energi dalam buah apel yakni 136 kalori per 100 gram. Sedangkan apel hanya 54 kalori per 100 gram.

Karbohidrat pada pisang juga mampu menyuplai energi lebih cepat daripada nasi dan biskuit, sehingga para atlet olahraga banyak yang mengonsumsi pisang di masa jeda untuk merecharge energi mereka.

Kandungan vitamin pada buah pisang sangat tinggi, terutama provitamin A berupa betakaroten (45 mikrogram per 100 gram berat kering). Pisang juga mengandung vitamin B, yakni tiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin B6 (piridoksin). Kandungan vitamin B6 pisang sebesar 0,5 mikrogram per 100 gram. Vitamin B6 pada pisang berperan sebagai koenzim, sintetis, dan metabolisme protein, khususnya serotonin.

Kemudian pisang juga mengandung  vitamin C dimana kadar vitamin C dalam buah pisang sangatlah tinggi jumlahnya. Jika kita rutin mengonsumsinya, maka kebutuhan tubuh akan vitamin C dapat tercukupi dalam satu kali konsumsi saja per harinya. Sehingga buah pisang dipercaya menjadi salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi harian oleh anda

Pisang juga mengandung senyawa yang diyakini dapat memberikan kelancaran fungsi otak. Selain itu buah pisang juga kaya akan mineral seperti kalium, potassium, folat, mangan, zat besi, sodium, dan magnesium. Bila dibandingkan dengan jenis makanan nabati lain, mineral pisang, khususnya besi, hampir 100% dapat diserap tubuh.

Dalam sekali komsumsi Anda dapat mendapatkan manfaat dari ketujuh mineral yang terkandung dalam pisang, kemampuan buah pisang untuk menyediakan mineral sangatlah dibutuhkan manusia. Itulah yang menyebabkan alasan buah pisang memiliki manfaat yang sangat banyak. (Red)

Sumber berita ini diambil dari berbagai sumber.

Laporan: Ai Nurajijah

To Top