Daerah

PTPN & Kodam III/ Siliwangi Berkolaborasi Sukseskan Citarum Harum

Komisaris Independent PTPN 8, Ipong Witono saat diwawancarai awak media di kawasan Situ Cisanti, Bandung, Sabtu (27/01/2018). (Foto: Red)

JABARNEWS | KAB. BANDUNG – PT Perkebunan Nusantara (PTPN) 8 berkolaborasi dengan Kodam III/ Siliwangi gencarkan program pembibitan pohon sebanyak 116.205 polybag di kawasan Situ Cisanti, Bandung, Sabtu (27/01/2018).

Komisaris Independent PTPN 8, Ipong Witono menyatakan keikutsertaan pihaknya dalam mensukseskan Citarum Harum Project.

“Ini tanah negara yang diamanatkan ke PTPN. Ketika negara membutuhkan melakukan konservasi, kami dengan senang hati untuk berpartisipasi,” katanya disela-sela peninjauan bibit pohon.

Akan tetapi, meski sudah mendapat respon yang baik dari masyarakat sekitar, pihaknya masih menemui beberapa kendala terkait soal pembebasan lahan warga sekitar.

“Berdasarkan data yang telah didapat, pembebasan lahan saat ini baru mencapai 7.000 m2 dari target seluas 30 hektar,” terang Ipong.

Dalam kolaborasi tersebut, pihaknya juga berencana untuk melakukan penyelesaian secara menyeluruh terkait pembibitan pohon tersebut dengan tempo waktu selama tujuh tahun.

“Kami berharap, kedepan kawasan hutan Situ Cisanti yang merupakan salah satu hulu dari Sungai Citarum dapat menjadi hijau kembali,” harapnya.

Laporan: Teddy Permana

To Top