Wanita

Rambut Anda Cepat Lepek? Ini Penyebabnya

Memakai produk yang tidak sesuai menjadi salah satu penyebab rambut lepek (Foto:net)

JABARNEWS | BANDUNG – Rambut lepek kerap kali menjadi suatu masalah yang membuat wanita menjadi kurang percaya diri.

Meskipun sudah berkeramas setiap hari, namun rambut masih tetap berminyak. Ada baiknya anda mencari tahu sumber permasalahan dari rambut anda yang cepat lepek. Berikut di bawah ini yang menyebabkan rambut anda cepat lepek, diantaranya:

Terlalu Sering Keramas
Terlalu sering keramas setiap hari, justru akan membuang minyak alami pada rambut anda. Dalam usaha mengganti semua minyak tersebut, kepala memproduksi minyak yang berlebihan. Oleh karena itu, disarankan untuk keramas setidaknya 3 kali seminggu.

Terlalu Banyak Menggunakan Conditioner
Beberapa jenis conditioner anda gunakan bisa saja terlalu berat untuk rambut anda dan justru akan membuatnya menjadi lepek.

Selain itu, ada kemungkinan anda tidak membersihkannya secara menyeluruh, sehingga sisa conditioner menjadi penyebab utama rambut anda berminyak.

Gunakanlah conditioner di ujung rambut saja dan hindari kulit kepala untuk hasil yang maksimal.

Terlalu Sering Menyentuh Rambut
Sama halnya seperti anda saat terlalu sering menyentuh wajah, anda akan mengundang jerawat. Tak berbeda, bermain dengan rambut pun akan mentransfer minyak alami dari tangan ke rambut.

Memakai Produk yang Salah
Ada kemungkinan anda memilih produk yang tidak sesuai dengan kondisi rambut Anda. Disarankan untuk menggunakan shampo formula yang ringan dan hindari label bertulis “shine” atau “moisture.” Kedua kandungan tersebut sebenarnya lebih cocok untuk rambut yang kering.

Sisa Produk Menempel di Rambut
Pada umumnya, produk styling atau dry shampoo akan menggumpal di kulit kepala Anda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda lakukan detoksifikasi dengan clarifying shampoo setidaknya 2-4 kali selama sebulan.

Mengikat Rambut Saat Basah
Mengikat rambut dalam keadaan basah akan membuat minyak dari kulit kepala akan semakin banyak. Hal tersebut karena rambut tidak bisa bernapas dan terkena udara segar. Kulit kepala akan menjadi makin lembab dan berminyak.

Sisir Anda Penuh Dengan Rambut Rontok
Hal yang satu ini jangan anda anggap sepele. Jika rambut yang menyangkut di sisir tersebut adalah rambut yang berminyak, maka sama saja anda mengembalikan minyak tersebut ke rambut anda yang masih bersih.

Menyisir Rambut Berlebihan
Menyisir akan menstimulasi produksi minyak kepala, yang kemudian akan memberikan penampilan mengkilat pada rambut. Namun, lambat laun hal tersebut akan terlihat berminyak. Maka dari itu, fokuskan untuk menyisir di ujung rambut saja.

Sisir Anda Kotor
Sisir merupakan rumah untuk berbagai hal yang menjijikan, seperti sisa produk rambut ataupun debu. Benda asing tersebut tentunya akan pindah ke rambut anda saat sedang menyisir. Oleh karena itu, biasakanlah untuk membersihkan sisir anda.

Itulah tadi beberapa hal yang dapat membuat rambut anda cepat lepek. Semoga info di atas dapat bermanfaat bagi anda agar terhindar dari rambut lepek. (Red)

Sumber berita ini diambil dari cosmopolitan.co.id

To Top