Leisure

Sering Bersihkan Telinga Pakai Cotton Bud? Mulai Sekarang Sebaiknya Hindari

Ilustrasi membersihkan telinga. (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG – Banyak orang memilih menggunakan cotton bud untuk membersihkan kotoran maupun debu yang terdapat pada telinga. Namun ternyata hal itu sangat berbahaya karena bisa menyebabkan gangguan pendengaran atau kerusakan pada saluran dalam telinga.

Menurut Audiologi Australia, penggunaan cotton bud tidak hanya sekadar mendorong kotoran telinga ke arah gendang telinga. Lebih dari itu, cotton bud dapat menyebabkan kerusakan serius dan bersifat permanen pada pendengaran.

Penggunaan cotton bud ini tidak disarankan karena saat Anda membersihkan telinga, di saat bersamaan Anda juga mendorong dan memadatkan kotoran telinga semakin masuk jauh ke dalam, melewati tempat di mana produksi minyak dalam telinga terjadi (lokasi ideal di mana kotoran telinga harus tetap tinggal).

Hal tersebut tentu saja akan menimbulkan rasa sakit, tekanan, gangguan pendengaran sementara, hingga berisiko menusuk gendang telinga. Gendang telinga sangat mudah diraih oleh cotton bud. Karena gendang telinga sangat rapuh, organ penting dalam telinga ini akan dengan mudah pecah bahkan saat menerima tekanan yang lembut sekalipun dari dorongan cotton bud. Rasa sakitnya termasuk cukup parah dan telinga Anda mungkin akan mengeluarkan cairan bening dari dalam.

Gendang telinga yang tertusuk akan mudah sembuh dengan sendirinya, walaupun begitu, proses pemulihan akan memakan waktu yang cukup lama dan bisa berujung pada gangguan pendengaran konduktif.

Tapi jangan khawatir, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada beberapa benda lain yang bisa digunakan untuk membersihkan telinga. Yuk kita simak.

1. Baby oil
Baby oil memiliki tekstur yang cenderung lembut sangatlah cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit orang dewasa. Kita juga bisa membersihkan telinga dengan memakai peralatan bayi ini. Caranya cukup mudah, yakni hanya dengan meneteskan baby oil ke telinga, mengusap-usapnya, dan menggunakan kapas bersih untuk membuang kotorannya.

2. Air garam
Membersihkan telinga dengan menggunakan air garam terbilang cukup mudah kita hanya perlu melarutkan garam dengan air hangat. Lalu teteskan larutan air garam tersebut pada telinga kemudian memiringkan kepala. Segera tegakkan posisi kepala kembali sehingga cairan ini memasuki bagian dalam telinga lalu sumbatlah dengan kapas bersih. Setelahnya, usap telinga, khususnya lubangnya dengan kapas sembari memiringkan kepala untuk membuang air garam sehingga semua kotoran bisa dibuang.

3. Air cuka
Campurkan cuka dengan sedikit alkohol. Cairan ini tinggal disemprotkan ke dalam telinga dan kita hanya perlu membersihkannya dengan kapas bersih maka kotoran yang terdapat dalam telinga pun akan keluar dengan sendirinya.

4. Campuran minyak zaitun dan kelapa
Campurkan minyak zaitun dan kelapa kemudian hangatkan di atas api lilin. Celupkan kapas bersih pada campuran kapas tersebut dan kemudian tempelkan pada telinga selama kurang lebih seperempat jam. Setelahnya, gunakan kapas bersih untuk membersihkan bagian telinga agar membersihkan kotoran.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan kotoran dalam telinga Anda. Akan tetapi, solusi terbaik untuk membersihkan telinga sebaiknua Anda mengunjungi dokter THT untuk mendapatkan pembersihan telinga secara profesional. (Nur)

Dari berbagai sumber

To Top