Leisure

Sering Terkana Sariawan, Atasi Dengan Bahan Alami Ini

Ilustrasi (Foto: net)

JABARNEWS | BANDUNG – Sariawan merupakan salah satu masalah di mulut yang sering dialami banyak orang, penyakit yang disebut juga stomatitis ini terjadi berupa peradangan pada pipi bagian dalam mulut atau mukosa berbentuk titik putih kekuningan.

Sariawan ini biasanya terjadi akibat kebersihan mulut yang kurang terjaga, kekurangan vitamin C, adanya alergi pada mulut atau bisa juga terjadi akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas atau panas.

Sariawan ini memang bukan tergolong penyakit yang sarius namun sangat mengganggu terutama saat mengkonsumsi makanan.

Untuk mengatasi hal tersebut berikut beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi sariawan yang menyerang.

Pertama, Anda dapat berkumur-kumur dengan menggunakan air garam yang dipercaya dapat membantu menekan bakteri penyebab sariawan di dalam mulut Anda.

Kedua, untuk mengatasi sariawan Anda bisa menggunakan bawang putih. Bawang putih diketahui memiliki anti-inflamasi alami untuk mengurangi peradangan. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan irisan bawang putih pada luka sariawan.

Ketiga, bahan alami untuk mengatasi sariawan  adalah kunyit. Cukup oleskan kunyit yang telah dihaluskan pada luka sariawan Anda.

Keempat, untuk mengatasi sariawan tersebut anda dapat menggunakan air kelapa karena memiliki sifat elektrolit yang mampu mendinginkan tubuh, mengatasi panas dalam, dan mampu menyembuhkan sariawan mulut.

Dan yang kelima adalah dengan menggunakan buah jambu biji dan daunnya, dengan konsumsi buah jambu yang kaya vitamin C secara rutin, maka sariawan yang kamu derita akan sembuh sendirinya. Namun jangan salah daun jambu biji yang masih muda pun dapat mengobati sariawan karena mengandung senyawa antibakterial yang berkhasiat untuk membunuh kuman dan bakteri penyebab sariawan.

Namun tentunya yang terpenting agar anda terhindar dari masalah mulut seperti sariawan ini Anda harus menjaga kebersihan mulut Anda. (Red)

Sumber berita ini diambil dari berbagai sumber.

To Top