Daerah

Tanamkan Nilai Kejuangan, Yon Armed Bina Pelajar SMK Taruna Sakti Purwakarta

Para siswa dan dewan guru SMK Taruna Sakti Purwakarta foto bersama dengan Wadan Yon Armed 9 Pasopati Kostrad Purwakarta usai Apel Kejuangan, Selasa (09/01/2018). (Foto: Red)

JABARNEWS | PURWAKARTA – Untuk menanamkan nilai kejuangan di kalangan pelajar, Mayor Arm Dian Ahmad Arifandi, SE, Wadan Yon Armed 9 Pasopati Kostrad Purwakarta memimpin Apel Kejuangan di SMK Taruna Sakti Purwakarta, Selasa (09/01/2018).

Sekolah yang terkenal dengan penekanan pada nilai-nilai kejuangan, kebangsaan dan kebudayaan yang diejawantahkan ke dalam terpadunya aspek prestasi akademik, kesamaptaan jasmani dan kemandirian ini menjadi binaan dari Yon Armed 9 Pasopati Kostrad Purwakarta sejak beberapa tahun lalu.

“Apel ini sangat bermanfaat bagi generasi muda yang nantinya akan menjadi penerus bangsa ini, dan memberikan semangat perubahan semangat baru di awal tahun 2018,” kata Kepala SMK Taruna Sakti Yayang Gilang Sonjaya.

Kegiatan tersebut untuk juga sebagai penyaring pengaruh globalisasi di kalangan remaja khususnya pelajar, serta memupuk rasa nasionalisme dikalangan pelajar. Pihaknya juga khawatir, jika rasa nasionalisme ini semakin terkikis maka permasalahan bangsa akan semakin parah di masa mendatang.

“Saat ini kita tidak hanya khawatir dengan rasa aman dan aksi terorisme yang semakin mengerikan, tetapi juga kekhawatiran lainnya, seperti terancamnya kedaulatan bangsa di berbagai bidang, seperti teritorial, politik, ekonomi, hukum, budaya dan lainnya,” jelas pria yang akrab disapa Gilang tersebut.

Gilang pun mengucapkan terima kasih kepada Wadan Yon Armed 9 Pasopati Kostrad Purwakarta yang telah menjadi pembina SMK Taruna Sakti, semoga menjadi inspirasi untuk semua.

Ditemui usai apel, Mayor Arm Dian Ahmad Arifandi mengungkapkan kegiatan Apel Kejuangan untuk menanamkan nilai kejuangan dalam diri siswa-siswi Taruna Sakti Purwakarta.

Dengan menanamkan nilai kejuangan, diharapkan siswa-siswi ini mempunyai mental dan disiplin yang tinggi

Dian berharap siswa sebagai kader bela negara dapat menjadi agen perubahan yang menjadi sumber kekuatan pemersatu bangsa yang tidak hanya kompeten, tetapi juga nasionalis, memiliki kepedulian sosial, dan inovatif.

“Hakekat bela negara yang sesungguhnya adalah semangat untuk membangun bangsa dan negara demi kemajuan, kesejahteraan, dan keadilan menuju masyarakat yang madani serta bermartabat,” ungkapnya.

Sementara menurut Ahmad Pepe selaku Pengawas dan Pembina SMK Provinsi Jawa di Purwakarta menambahkan, dirinya menilai yang dilakukan jajaran Yon Armed 9 Pasopati Kostrad Purwakarta itu sangat bagus untuk membentuk karakter anak SMK.

“Saya harap SMK lain dapat mengikuti jejak SMK Taruna Sakti Purwakarta, dalam memberikan pendidikan yang bekerjasama dengan Yon Armed 9 Pasopati Kostrad Purwakarta,” tambahnya.

Laporan: Gigin Ginanjar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top