Smartcity

Tanggulangi Sampah, Pemkot Bandung Resmikan TPS Tegallega

Walikota Bandung, Ridwan Kamil saat menandatangani prasasti peresmian TPS Tegallega Kota Bandung, Senin (22/01/2018). (Foto: Red)

JABARNEWS | BANDUNG – Dalam rangka mengidealkan pengolahan sampah, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung resmikan Tempat Penampungan Sementara (TPS) Tegallega Kota Bandung, Senin (22/01/2018).

Walikota Bandung, Ridwan Kamil (Emil) menyampaikan jika Kota Bandung idealnya harus memiliki empat TPS untuk menanggulangi masalah sampah.

“Bandung ini idealnya punya empat buah fasilitas seperti ini, sementara kita baru punya dua. Maka dari itu, kita akan tambah di tahun ini atau tahun depan secepatnya,” katanya usai meresmikan TPS Tegallega.

Selain dapat menampung sampah 80 ton per hari, TPS Tegallega telah difasilitasi dengan teknologi canggih, yaitu dengan adanya mesin press berharga miliaran rupiah untuk mereduksi sampah hingga 50% yang kebanyakan adalah air dari sampah organik.

“Kecanggihannya ia punya mesin press raksasa, kenapa penting karena ia mereduksi angkutan sampah ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) sebanyak 50%,” terang Emil.

Lebih lanjut Emil menambahkan, air hasil pembusukan limbah organik akan diolah kembali menjadi gas metan.

“Air bekas di press dimanfaatkan menjadi gas metan dan sebagainya,” tambah Emil.

Sebagai penutup Emil berharap dalam waktu dekat seluruh wilayah Kota Bandung dapat memiliki fasilitas serupa seperti TPS Tegallega, sehingga pengolahan sampah di Bandung bisa lebih sedikit dan lebih efisien.

Laporan: Teddy Permana

To Top