Leisure

Telur Puyuh Memiliki Protein Lebih Tinggi Dari Telur Ayam

Telur puyuh memiliki zat besi dan potasium 5 kali lebih banyak daripada telur ayam (Foto: net)

JABARNEWS | BANDUNG – Seperti diketahui, telur memiliki sumber protein yang dapat memenuhi kebutuhan protein anda sehari-hari. Tak hanya protein, dalam sebutir telur rebus yang berukuran besar dapat mengandung 78 kalori, serta mengandung vitamin A dan vitamin B kompleks.

Tak hanya telur ayam, si mungil telur puyuh pun ternyata memiliki kandungan protein lebih tinggi dari telur ayam. Telur puyuh mengandung 13 persen protein, telur ayam hanya mengandung 11 persen saja. Tidak hanya memiliki rasa yang lezat saja, ternyata putih telur puyuh memiliki kandungan kolesterol yang rendah dibandingkan dengan kuning telurnya.

Kolesterol dalam kuning telur merupakan kolesterol baik yang mampu menurunkan risiko serangan jantung. Jika dibandingkan dengan putih telur, maka kuning telur memang lebih banyak mengandung kalsium, zat besi, fosfor, zinc, thiamin, vitamin B6, folat, vitamin B12, dan asam pantotenat. Meskipun begitu, kedua bagian telur tersebut kaya akan kandungan vitamin A, B12, dan riboflavin.

Menurut sejumlah penelitian, telur puyuh kaya akan kolin. Kolin berperan penting di dalam tubuh terutama bagi perkembangan fungsi otak. Kolin berperan sebagai komponen asetilkolin yang berfungsi sebagai pengantar sinyal saraf. Asupan kolin yang cukup akan membantu kerja sinyal saraf pada otak, sehingga mampu memperkuat daya ingat anak-anak dan menghindari kepikunan pada orang lanjut usia (lansia).

Banyak orang beranggapan bahwa telur puyuh beresiko lebih tinggi menimbulkan penyakit kolesterol. Menurut sebuah penelitian mengungkapkan, mengonsumsi 3 sampai 5 butir telur puyuh setara dengan mengonsumsi 1 butir telur. Disarankankan untuk mengonsumsinya tidak lebih dari 4 kali perminggu. (Red)

 

Sumber berita ini diambil dari vemale.com

To Top