Wanita

Tips Untuk Dapatkan Kualitas Tidur Yang Baik

Tips untuk dapatkan kualitas tidur yang baik (Foto: shutterstock)

JABARNEWS | BANDUNG – Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Duke Medical Center di Amerika Serikat, waktu tidur lebih panjang ternyata dibutuhkan oleh para kaum hawa karena lebih banyak menggunakan otaknya dan bekerja lebih intens dalam sehari dibandingkan kaum adam. Wanita setidaknya membutuhkan waktu tidur kurang lebih 20 menit lebih banyak daripada waktu tidur pria.

Pada umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu 7-8 jam tidur setiap malam. Tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan termasuk peningkatan berat badan, peningkatan tekanan darah, penurunan sistem kekebalan tubuh, penurunan kemampuan mental dan penurunan kondisi kesehatan lainnya.

Oleh karena itu, kita sangat dianjurkan untuk memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas agar tidak mengalami penurunan kondisi fisik.

Berikut di bawah ini adalah beberapa tips agar tidur anda berkualitas.

1. Tidur Telanjang
Beberapa ahli menyimpulkan bahwa dengan tidur dalam keadaan telanjang dapat membuat anda merasa lebih seksi. Dari hal tersebut, maka hormon-hormon baik di dalam tubuk akan terpicu sehingga baik bagi kondisi kesehatan anda. Tak hanya itu saja, tidur dalam keadaan telanjang pun dapat mencegah bakteri berkembang di area tubuh yang tak diinginkan.

2. Tidur Menyamping ke Kiri
Tidur dengan posisi menghadap ke arah kiri akan sangat membantu dalam memproses pencernaan, membantu membukan jalannya aliran udara dalam sistem pernapasan, serta mengambil alih sebagian tekanan drainase getah bening dari jantung dan limpa.

3. Tidur di Ruangan yang Dingin
Ruangan yang dingin akan membuat anda tidur dengan lebih baik, karena suhu yang tepat untuk tidur lebih baik antara 15-21 derajat celsius. Oleh karena itu, disrankan untuk mendinginkan suhu ruangan anda terlebih dahulu sebelum tidur.

4. Matikan Semua Lampu dan Alat Elektronik
Mode “blue light” yang terdapat pada barang elektronik seperti smartphone, tablet, dan e-reader dapat menstimulasi kerja otak anda. Hal tersebut membuat anda sulit untuk tidur. Ada baiknya anda mematikan semua peralatan elektronik yang anda miliki, satu jam sebelum anda tidur. Matikanlah lampu kamar anda untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

5. Berolahraga
Olahraga menjadi peran penting untuk menunjang kesehatan tubuh anda. Disarankan untuk melakukan kegiatan olahraga ringan di malam hari sebelum tidur.

6. Makan di Malam Hari
Sebaiknya setelah anda menyantap makan malam, jauhi memakan makanan berat, makanan pedas, dan juga manakanan berminyak. Beberapa makan tersebut akan membuat anda terasa begah dan mulas. Bauh-buahan dapat menjadi penggati makanan yang lebih sehat. Buah pisang dan apel dapat menjadi pilihannya.

 

Sumber berita ini diambil dari beautynesia.id

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top