Leisure

Tomat dan Apel Mampu Sembuhkan Paru Dari Paparan Asap Rokok

Tomat dan apel dapat membantu mempercepat penyembuhan paru-paru yang rusak kerena paparan asap rokok (Foto: net)

JABARNEWS | BANDUNG – Merokok memang dapat membuat beberapa organ tubuh terutama jantung. Dampak negatif rokok pun dapat menimbulkan kematian. Namun meskipun begitu, masih saja banyak orang yang tak bisa berhenti dari kebiasaan merokok.

Jika anda salah satu perokok pasif, berikut di bawah ini ada dua makanan yang baik untuk mempercepat penyembuhan paru-paru yang rusak karena asap rokok.

Dalam sebuah dalam satu dekade terakhir pada 650 penduduk dewasa di Inggris dan Eropa, menemukan bahwa tomat dan buah apel, dapat membantu mempercepat penyembuhan paru-paru yang rusak kerena paparan asap rokok.

Dari hasil sebuah penelitian yang di tulis dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health d Baltimore, Amerika Serikat bahwa tomat dan apel ternyata tak hanya berhasil untuk para mantan perokok, namun baik juga untuk mengurangi penuaan paru-paru.

“Sangat disarankan diet ketat dengan memakan buah, hal ini dapat mengurangi penuaan pada paru-paru meskipun anda tak pernah merokok,” ungkap kepala penelitian, Vanessa Garcia-Larsen, seorang asisten profesor kesehatan internasional.

Penelitian tersebut melibatkan lebih dari 650 orang dewasa di Jerman, Norwegia, dan juga Inggris yang telah menjalani diet dan fungsi paru-paru mereka. Dalam penelitian ini, tidak dirancang untuk membuktikan sebab dan akibat, namun orang yang mengonsumsi rata-rata lebih dari dua tomat atau lebih dari tiga porsi buah segar setiap harinya, dan juga mengonsumsi buah apel, maka ia memiliki penurunan fungsi paru yang lebih lambat dibandingkan mereka yang mengonsumsi kurang dari satu tomat atau kurang dari satu porsi buah per hari.

Hasil dari sebuah penelitian menunjukkan bahwa nutrisi pada tomat dan buah segar dapat membantu memperbaiki kerusakan pada paru-paru yang disebabkan oleh asap rokok.

“Temuan ini mendukung kebutuhan akan rekomendasi diet, terutama bagi orang-orang dengan riwayat merokok yang berisiko terkena penyakit pernafasan seperti COPD, penyakit paru obstruktif kronik,” kata Garcia-Larsen.

Jika anda rutin mengonsumsi apel dan tomat, setiap orang mungkin akan mendapatkan sedikit ruang bernapas karena fungsi paru-paru mulai menurun pada usia ke-30 pada kecepatan bervariasi, tergantung dengan kesehatan umum dan spesifik individu.

Itulah tadi manfaat yang terkandung dalam tomat dan juga apel yang baik bagi paru-paru. Semoga info di atas dapat bermanfaat bagi anda. (Red)

 

Sumber berita ini diambil dari dream.co.id

To Top