Leisure

Membiarkan Lampu Menyala Saat Tidur Dapat Memicu Kanker

Ilustrasi (Foto: net)

JABARNEWS | BANDUNG – Sebagian orang mungkin dapat tertidur lelap dalam kondisi kamar yang terang benderang, namun tak sedikit pula yang harus tidur dalam keadaan kamar yang gelap. Kebiasaan yang mungkin dianggap remeh ini ternyata dapat mengakibatkan efek yang cukup buruk bagi kesehatan tubuh anda.

Menurut beberapa penelitian mengungkapkan bahwa tidur dengan lampu dimatikan terbukti akan lebih baik bagi kesehatan. Hal tersebut dikarenakaan tubuh memproduksi hormon melatonin saat tidur dalam kondisi kamar yang gelap. Hormon melatonin sendiri adalah salah satu hormon yang menunjang sistem imun dalam tubuh. Berkat hormon melatonin tersebut, kita dapat terhindar dari beberapa penyakit yang parah sekalipun, seperti kanker payudara dan kanker prostat.

Ketika lampu menyala saat anda tertidur, maka tubuh akan memicu ekspresi berlebihan dari sel yang berhubungan dengan pembentukan sel kanker. Para peneliti menemukan bahwa cahaya dari lampu pijar saat tidur dapat menjadi salah satu pemicu terjadinya penyakit kanker. Orang yang tidur menggunakan lampu lebih rentan pada resiko penyakit kanker dibanding yang tidak.

Disamping itu, tidur dengan kamar yang gelap pun akan membuat anda tertidur jauh lebih lelap dan badan akan terasa lebih segar saat anda bangun. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari vemale.com

Jabarnews | Berita Jawa Barat

To Top