Daerah

Beragam Ritual Disiapkan untuk Rayakan  Imlek 

Rakor persiapan imlek di Mako Polres Cirebon Kota. Rabu (14/02/18). (Foto: Red.)

JABARNEWS | KOTA CIREBON – Menyambut Imlek atau tahun baru Cina ke 2569 yang kurang dari dua hari, pengurus Wihara Dewi Welas Asih Kota Cirebon, telah melakukan persiapan. Persiapan itu meliputi penataan hingga pemasangan pernak-pernik untuk perayaan Imlek.

Tokoh masyarkat Tionghoa, Yan Siskarterja, mengatakan, meskipun tahun baru Imlek kurang dua hari lagi, namun segala persiapan untuk perayaan tahun baru Imlek sudah hampir selesai.

“Persiapan yang kami lakukan untuk menyambut tahun baru Imlek sudah sekitar 99 persen,” ujar Yan, kepada Jabarnews, saat Rakor persiapan dengan pihak kepolisian, di Mako Polres Cirebon Kota. Rabu (14/02/18).

Selain itu, lanjut Yan, pihaknya juga telah melakukan persiapan untuk puncak acara tahun baru Imlek. Puncak acara itu lebih dikenal dengan sebutan Cap Go Meh atau perayaan hari ke lima belas Imlek.

Berbagai ritual akan digelar di perayan Imlek. Yakni, kegiatan pembukaan, sembahyang, kemudian pemukulan bedug yang dilaksanakan pada pukul 00.00 WIB pada 16 Februari nanti. Pemukulan bedug itu sebagai tanda pergantian tahun dari 2568 ke 2569 yang merupakan peruntungan tahun Anjing tanah. (One)

Jabarnews | Berita Jawa Barat

To Top