Pilkada

Cuti Menjabat, Uu kembali ke Pesantren

JABARNEWS | BANDUNG – Uu Ruzhanul Ulum berencana untuk kembali ke pesantren selama menjalani cuti sebagai Bupati Tasikmalaya. Pengambilan masa cuti inipun seiring keikutsertaannya menjadi calon wakil gubernur pada Pemilu Gubernur Jawa Barat 2018.

Dikatakan Uu, selama mengikuti proses kampanye, dirinya harus terbebas dari berbagai fasilitas negara, termasuk rumah dinas bupati.

“Oleh karena itulah saya akan pindah ke asal saya, di Pesantren Miftahul Huda (Manonjaya, Tasikmalaya,” kata Uu saat dikonfirmasi dari Bandung, Kamis (1/2/2018).

Pasangan Calon Gubernur Ridwan Kamil ini mengungkapkan, dirinya kembali ke pesantren karena dirinya memang terlahir dan besar dari tempat tersebut. Sebelum menjabat bupati, Uu sehari-harinya tinggal di kawasan pendidikan Islam yang didirikan KH. Choir Affandy ini.

“Rumah saya memang di situ,” ucap Uu yang juga merupakan cucu dari tokoh ulama di Jawa Barat itu.

Lebih lanjut Uu mengatakan, selama masa kampanye Pemilu Gubernur Jawa Barat, dirinya akan lebih sering berkunjung ke Bandung untuk mengikuti agenda tim pemenangannya.

Seperti diketahui, Emil-Uu memilih rumah tim pemenangan di kawasan Cipaganti, Kota Bandung. “Jadi meski di Tasik, saya akan lebih sering ke Bandung,” katanya.

Uu merasa lebih nyaman ‘pulang-pergi’ Bandung-Tasikmalaya dibanding harus menetap sementara di ibu kota Provinsi Jawa Barat itu. Sebagai putra daerah, politisi PPP ini mengaku tidak tahan berlama-lama meninggalkan kampung halaman.

“Enggak tahu kenapa, saya enggak bisa lama-lama jauh dari rumah dan keluarga,” ujarnya. Selain itu, menurutnya jarak Bandung-Tasikmalaya cukup dekat sehingga dirinya semakin mantap untuk memilih cara tersebut. “Jadi sudah saya pastikan untuk pindah ke Pesantren Miftahul Huda,” katanya.

Laporan Agus Hermawan

To Top