Daerah

Hujan Selama 5 Jam, Kota Cirebon Dikepung Banjir

Hujan deras yang mengguyur kawasan Kota Cirebon kembali membuat kawasan di sejumlah jalan protokol digenangi air, Jumat (9/2/2018)

JABARNEWS | KOTA CIREBON – Hujan deras yang mengguyur kawasan Kota Cirebon kembali membuat kawasan di sejumlah jalan protokol digenangi air. Jalan yang dimaksud diantaranya Jalan Cipto Mangunkusumo, Jalan Pemuda serta Jalan Brigjen Darsono By Pass digenangani air hingga mencapai 60 cm.

Selain jalan protokol, sejumlah kelurahan dan desa seperti Desa Sutawinangun serta sejumlah kawasan perumahan seperti Perumahan Lobunta, sebagian Perumahan Griya Kalijaga juga mengalami hal yang sama.

Dari pantauan Jabarnews.com di lapangan, daerah yang parah tergenang banjir adalah di pusat kota. Tepatnya, di Jalan Cipto Mangunkusumo. Imbas, jalan tersebut tergenang air menyebabkan kendaraan roda maupun yang melintas mengurangi kecepatan karena air yang menggenangi jalan cukup deras.

“Banjir kali ini cukup parah mengingat tidak seperti biasanya di daerah kami air yang menggenangi mencapai setinggu lutut orang dewasa,” ujar Yanto (40), salah satu warga Jalan Cipto Mangunkusumo, Jum”at (9/2/18).

Sementara itu, di daerah lainnya seperti di Jalan Sutawinangun air yang menggenangi jalan tersebut cukup deras. Sampai-sampai banyak pengendara sepeda motor roda empat terpaksa menuntun motornya atau memarkir mobilnya di tepi jalan karena kuatir mesinnya kemasukkan air.

“Banjirnya parah mas, airnya sampai separuh sepeda motor yang saya kendarai,” ujar salah satu pengendara Yudi Nugraha

Kepala BPBD Kota Cirebon Agung ST. terkait dengan adanya banjir ini menuturkan, banjir tersebut diakibatkan imbas intensitas hujan yang cukup tinggi membuat banyak jalan tergenang air. “ujarnya.

Ia menambahkan, imbas kejadian ini pihaknya menerjunkan tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Cirebon, Wali Kota Cirebon Drs, Nasrudin Azis bersama muspida telah turun untuk memantau banjir yang terjadi dan saluran air yang masih menggenangi jalan.

“Informasinya saat ini beberapa air yang menggenangi sudah ada yang surut. Mudah-mudahan dalam waktu tidak lama bisa surut semua,” tandasnya.

Hingga pukul 23.45 Wib genangan air masih menggenangi ruas jalan di kota Cirebon dan masyarakat masih ada yang masih berusaha untuk menyalakan kendaraan roda dua yang mogok akibat terkena banjir.(Ikhwan Jums)

Jabarnews | Berita Jawa Barat

To Top