Wanita

Jangan Salah, Sayuran Ini ‘Haram’ Untuk Ibu Hamil

Ilustrasi (Foto: net)

JABARNEWS | BANDUNG – Bagi ibu hamil menjaga kesehatan janin merupakan hal yang tidak boleh dianggap sepele karena hal tersebut akan sangat berpengaruh pada kondisi janin dalam jangka panjang.

Dalam kondisi hamil Ibu harus bisa memilah dan memilih makanan baik sayuran maupun buah yang bergizi untuk memenuhi nutrisi ibu dan janin serta aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil sehingga kesehatan janin akan terjaga dengan baik.

Berikut beberapa sayuran yang pantang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil meski merupakan sayuran bergizi namun kandungan yang terdapat dalam sayuran tersebut kurang baik untuk kesehatan dan perkembangan janin, diantaranya:

1. Daun pepaya
Sayur daun pepaya adalah salah satu menu makan siang yang sedap. Anda bisa mengolahnya menjadi onseng yang dicampur dengan teri medan maupun disantap sebagai lalapan untuk teman makan Anda. Namun jangan salah makanan ini ternyata berdampak negatif jika dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil. Meski secara klinis mengonsumsi sayuran ini masih diperbolehkan namun jika dikonsumsi secara berlebihan tentu saja hal ini tidak sarankan apalagi jika salah dalam cara pengolahan sayuran pahit ini.

2. Kecambah
Sayur yang berbahaya lainnya adalah kecambah. Sayuran kecil ini berbahaya jika dikonsumsi dalam kondisi yang masih mentah karena bisa menimbulkan kembung atau bahkan mengeluarkan flek saat megandung. Sebaiknya masaklah kecambah agar matang, barulah anda bisa mengonsumsinya namun tetap jangan berlebihan ya.

3. Sayur nangka muda
Nangka muda sering kali diolah menjadi sayur sebagai lauk untuk makan siang apalagi sayur nangka muda dikonsumsi dengan tambahan kerupuk, ikan asin dan sambal tentu sangat lezat sekali rasanya. Namun sayur nangka muda ini memiliki efek yang berbahaya bagi ibu yang sedang hamil. Sayur nangka muda bisa membuat anda mengeluarkan tanda-tanda mirip seperti keguguran awal. Oleh sebab itu sebaiknya hindari untuk mengonsumsi sayur nangka muda, gantilah menu anda dengan sayur bayam atau beberapa sayur lainnya.

4. Sayur mentah
Masyarakat Indonesia seringkali mengkonsumsi sayuran mentah sebagai lalapan pelengkap lauk saat makan. Namun sayuran mentah akan sangat berbahaya apabila dikonsumsi oleh ibu hamil karena akan berbahaya bagi kesehatan janin dalam kandungan.

Untuk itu, pintar-pintarlah memilah dan memilih makan yang bergizi dan tentunya aman untuk dikonsumsi sehingga tidak membahayakan janin dalam kandungan Anda. (Nur)

Sumber berita ini daimbil dari berbagai sumber.

Jabarnews | Berita Jawa Barat

To Top