Daerah

Kondisi Objek Wisata Situgede Tasikmalaya Memprihatinkan

Tampak terihat jelas objek wisata situ gede yang tidak terawat, Rabu (7/2/2018) (Foto : Red)

JABARNEWS | KOTA TASIKMALAYA – Satu-saatunya objek wisata Situgede yang berada di Kota Tasikmalaya ini, belum jelas akan identitas pengelolaannya. Bahkan kondisinya pun sangat memprihatinkan.

Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan menilai orang-orang yang mengelola kawasan tersebut saat ini masih abu-abu.

“Padahal, Pemerintah Kota Tasikmalaya sudah punya konsep untuk pengembangan wisata tersebut.”kata Ivan, Rabu (07/02/2018).

Menurutnya, hal itu sangat memrihatinkan, terlebih Pemkot Tasikmalaya sudah memiliki konsep penataan kawasan wisata tersebut.

“Namun dalam hal ini objek wisata situ gede itu masih dipegang oleh provinsi, jadi Pemkot belum bisa berbuat banyak untuk merealisasikan konsep tersebut,” katanya.

Dalam hal itu sebenarnya Pemkot Tasikmalaya sudah mengajukan diri untuk mengelola kawasan tersebut secara mandiri dan sudah mendapat lampu hijau.

“Sebab, lokasinya berada di wilayah kerja Pemkot Tasikmalaya, kurang terawat,”ucapnya

Lebih lanjut Iwan berharap akan objek wisata tersebut kedepan pengelolaan kawasan wisata Situ Gede bisa dipegang sepenuhnya oleh Pemerintah Kota Tasikmalaya.

“Contoh kini situ gede tampak jelas tidak terwat, padahal itu jika dikelola dengan baik bisa menarik pengunjung,”terangnya

Selain itu Ivan juga menanggapi banyaknya soal keluhan yang datang dari warga atau wisatawan tentang kondisi kawasan wisata Situ Gede yang dianggap terbengkalai, semua pengelolaan dilaksanakan oleh pihak provinsi.

Objek Wisata Situ Gede sendiri adalah sebuah danau yang terletak di Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya. Situ Gede ini memiliki panorama alam yang indah dengan luas sekitar 47 hektare (ha) berfungsi sebagai penampungan air.
Fasilitas yang tersedia di sini antara lain seperti rakit, perahu bermotor, gazebo, dan joging trek. Pengunjung biasanya melakukan berbagai aktivitas seperti menaiki rakit, memancing, berfoto, dan makan bersama dengan nuansa alam yang indah.

Bahkan di bagian tengah Situ terdapat Nusa dengan luas sekitar 1 ha, di mana terdapat makam Eyang Prabudilaya. (Yud).

Jabarnews | Berita Jawa Barat

 

To Top