Leisure

Makan Sehat Mahal? Kata Siapa

Ilustrasi (Foto: net)

JABARNEWS | BANDUNG –  Makanan sehat kerap dianggap sebagai menu makanan mahal yang tak dapat dinikmati oleh semua orang karena dinilai terlalu eksklusif sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang dapat menikmati makanan bergizi.

Indonesia merupakan negera yang kaya akan sumber daya alam baik di darat maupun laut yang hasilnya dapat dimanfaatkan atau diolah menjadi makanan sehat dapat dikonsumsi.

Namun kenyataannya saat ini banyak dari masyarakat Indonesia merasa makanan sehat adalah makanan yang dikonsumsi oleh orang-orang barat sehingga enggan mengolah hasil alam yang ada dengan baik.

Pakar Nutrisi Indonesia Dr.dr.Tan Shot Yen,M.hum mengungkapkan bahwa sehat itu harus seimbang dan semakin dekat dengan bentuk aslinya di alam. Seperti halnya singkong, jagung, ubi, ganyong yang dapat diolah dan dikonsumsi menjadi makanan pengganti beras untuk asupan karbohidrat ketika harga beras di pasaran terbilang cukup mahal.

Indonesia juga kaya akan sayuran yang dapat dikonsumsi sebagai lalapan. Selain itu di negara kita banyak jenis buah-buah yang dapat ditanam dan dipanen dari halaman sendiri tanpa harus mengeluarkan uang seperti, jeruk, mangga, salak, alpukat, manggis, sawo, dan lainnya.

Sementara untuk protein banyak protein dari hewani yang dapat diolah seperti sop, pepes, soto dan lain-lain yang dalam pengolahannya mengurangi penggunaan minyak goreng karena jika penggunaan minyak goreng terlalu berlebihan akan tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Untuk itu mulailah belajar mengolah makanan dengan baik dan tepat agar makanan yang disajikan dapat memberikan dampak baik bagi tubuh. (Nur)

Sumber berita ini diambil dari berbagai sumber.

Jabarnews | Berita Jawa Barat

To Top