Pilkada

Pasangan Demiz-Demul Disinyalir Akan Bersaing Ketat dengan RK-Uu

Lembaga Survei Instrat melansir kontestasi pilgub jabar disinyalir akan semakin ketat, Kamis (8/2/2018) (Foto : Red)

JABARNEWS | BANDUNGKontestasi pilgub jabar disinyalir akan semakin ketat. Khususnya bagi pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi dengan pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum.

“Melihat hasil yang ada, dapat dilihat bahwa akan terjadi kompetisi yang sangat ketat antara dua pasangan cagub cawagub, yaitu Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi dan RK-Uu,” jelas Social Analyst Instrat Adi Nugroho kepada wartawan, Kamis (8/2/2018).

Dikatakannya, hal tersebut pun tidaklah lepas dari popularitas mereka di masyarakat. Termasuk juga pasangan yang mereka usung.

“Tapi dari potensi elektabilitas pasangan tersebut juga dapat dilihat bahwa terdapat kecenderungan RK mengalami kerugian berupa stagnasi elektabilitas saat berpasangan dengan UU Ruzhanul Ulum. Bahkan justru cenderung turun.
Sedangkan rival terberatnya Deddy Mizwar justru mengalami kenaikan potensi elektabilitas jika dipasangkan dengan Dedi Mulyadi,” katanya.

Menurutnya, figur pasangan sangat berpengaruh besar terhadap respon publik. Baik pandangan positif maupun negatif.

“Artinya keduanya saling melengkapi secara signifikan, menunjukan bahwa baik demiz maupun demul memiiliki basis dan segmentasi massanya masing masing. Hal tersebut tercermin dari trend hasil survey intsrat terdahulu terkait perolehan potensi elektabilitas mereka,” katanya.

Lebih lanjut Adi pun mengatakan, saat ini tiga urutan teratas popularitas urutanya masih sama dengan hasil pada survei survei sebelumnya, yaitu Deddy Mizwar (93 persen), diikuti oleh Ridwan Kamil (88 persen) dan Dedi Mulyadi (68 persen). Terdapat kecenderungan kenaikan popularitas pada ridwan kamil dan dedi mulyadi dalam rentang 2 bulan terakhir.

“Ketimbang ridwan kamil, maka dedi mulyadi masih punya kesempatan yang lebar untuk menaikan level popularitasnya agar juga terdongkrak potensi elektabilitasnya sebagai pasangan dengan deddy mizwar,” katanya.

Namun dilihat dari popularitas sebagai pasangan, baru dua pasangan yang sudah dikenal publik Jawa Barat secara luas, yaitu pasangan Deddy Mizwar – Dedi Mulyadi (90,4 persen) dan pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (84,7 persen).

“Sementara kedua pasangan yang lain masih harus bekerja ekstra keras menaikan popularitas karena hanya dikenal publik di kisaran belasan persen,” katanya. (Wan)

Jabarnews | Berita Jawa Barat

To Top