Pilkada

Pasangan Yossi-Aries Akan Perkuat Program PIPPK

Pasangan Yossi Irianto-Aries Supriatna Calon Walikota dan Wakil Walikota Bandung / Net

JABARNEWS | BANDUNG – Bakal calon walikota dan wakil walikota Bandung, Yossi Irianto-Aries Supriatna berencana memperkuat Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) yang saat ini sudah berjalan di Kota Bandung. Pada Program tersebut saat ini setiap RW di Kota Bandung mendapatkan alokasi bantuan sebesar Rp 100 juta per tahun. Rencananya anggaran program tersebut pun akan ditingkatkan.

Bakal calon wakil walikota Bandung, Aries Supriatna mengatakan program bantuan untuk RW, Karang Taruna, LPM dan PKK di Kota Bandung itu berjalan cukup bagus dan manfaatnya dirasakan oleh masyarakat. Meski demikian mekanisme penyaluran dan pelaksanaan programnya harus terus diperbaiki agar program tersebut benar-benar bermanfaat bagi warga.

“Program tersebut cukup bagus, sehingga harus diperkuat dan ditingkatkan anggarannya. Bahkan bukan hanya Rp 100 juta, anggaran PIPPK itu akan kita tingkatkan tahun depan. Kita juga akan perkuat program untuk RW itu sehingga pemberdayaan masyarakat lebih maksimal,” ujar Aries kepada wartawan di Bandung, Rabu (7/2/2018).

Berdasarkan pemantauannya selama ini, Aries yang juga merupakan Sekretaris Komisi A DPRD Kota Bandung itu menyebut program PIPPK itu banyak dikeluhkan masyarakat karena dalam pelaksanaannya terlalu banyak potongan. Selain itu, banyak program yang pelaksanaannya tidak tepat sasaran.

“Jadi selama ini usulannya top down, dari atas ke bawah. Harusnya usulan itu datang dari bawah sehingga program yang dilaksanakan itu benar-benar yang dibutuhkan masyarakat. Bukan sebaliknya,” ujarnya.

Ia mengaku tidak setuju bila ada yang mau menghapuskan program tersebut Sebab, program PIPPK merupakan konsep pembangunan yang tepat karena melibatkan masyarakat di kewilayahan dalam pembangunan daerah. Disamping itu, konsep tersebut membantu masyarakat dalam hal pemberdayaan kewilayahan yang lebih adil dan transparan.

“Pak Yossi sebagai Sekda Kota Bandung juga sangat mendukung program itu untuk dilanjutkan. Bahkan akan terus diperkuat dan ditingkatkan anggarannya. Mudah-mudahan tak ada lagi keresehan di masyarakat yang khawatir program ini akan dihapuskan,” kata Aries.

Program PIPPK di Kota Bandung diprioritaskan untuk penataan dan peningkatan infrastruktur kewilayahan, penanganan sampah, program sosialisasi dan pemberdayaan ekonomi masyarakat di setiap RW dan kelurahan. (Wan)

Jabarnews | Berita Jawa Barat

To Top