Leisure

Tanaman Berduri Ini Memiliki Manfaat Bagi Kulit

Tanaman kaktus memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan (Foto: net)

JABARNEWS | BANDUNG – Dalam benak anda mungkin akan tertuju pada tanaman yang tumbuh di padang pasir alias si tanaman kaktus bukan?

Ya, tanaman kaktus memang memiliki banyak manfaat yang belum banyak diketahui orang.

Tanaman kaktus atau dalam bahasa ilmiahnya cactaceae, mampu menyerap air dan menyimpannya dalam batang mereka.

Menurut sejumlah penelitian, tanaman kaktus memiliki manfaat bagi kesehatan diantaranya mampu membantu menurunkan berat badan, mencegah diabetes, mencegah obesitas, menungkatkan pencernaan, meringankan sakit perut, mencegah sembelit, membantu membersihka usus besar dan juga dapat membantu menjaga sistem kardiovaskular.

Tak hanya itu saja, ternyata tanaman kaktus ini pun memiliki manfaat baik bagi kesehatan kulit anda, diantaranya:

Membantu mencegah penuaan dini
Kandungan anti-oksidan yang berlimpah dalam tanaman kaktus ini memang mampu membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit. Salah satu jenis anti-oksidan yang terdapat dalam tanaman ini adalah betalains, yaitu anti-oksidan super yang dapat mengurangi pembentukan garis halus dan keriput. Tanaman kaktus pun kaya akan kandungan vitamin E yang dapat membantu mempercepat regenerasi sel kulit. Selain memiliki kandungan vitamin E, tanaman kaktus juga memiliki kandungan vitamin K yang dapat membantu mencerahkan area gelap bawah mata dan spider veins.

Mengikat cairan pada kulit
Salah satu penyebab menurunnya kesehatan kulit adalah kurangnya kadar kelembapan. Hal tersebut dapat disebabkan oleh banyak hal, misalnya dehidrasi, hingga terlalu lama beraktivitas di bawah terik matahari. Jika saat ini anda sedang mengalami masalah ini, cobalah gunakan produk yang memiliki kandungan kaktus. Berkat kemampuannya dalam menyimpan volume air, tanaman kaktus ini secara efektif dapat mencegah hilangnya kelembapan pada kulit. Saat digunakan pada skin care, kaktus bahkan dapat mencegah evaporasi pada epidermis sekaligus bertindak sebagai pelembap.

Anti-inflamasi
Kondisi inflamasi atau peradangan yang terjadi pada area wajah seringkali menyebabkan terjadinya dampak buruk seperti rusaknya sel kolagen yang dapat menyebabkan terjadinya penuaan dini. Penggunaan skin care dengan kandungan kaktus dapat mencegah peradangan pada kulit berkat kandungan flavonoid (jenis senyawa yang memiliki manfaat anti-inflamasi) yang dikandungnya. Selain itu, tanaman kaktus pun memiliki analgesic properties (sebuah kandungan yang dapat meredakan peradangan dan rasa sakit). Tak heran jika banyak yang mengandalkan tanaman berduri ini sebagai obat untuk mengatasi luka pada kulit dan masalah luka dalam lainnya.

Membantu melawan radikal bebas
Seperti diketahui, rdikal bebas dapat berasal dari radiasi sinar UV, polusi udara, hingga asap rokok dapat menyebabkan berbagai kerusakan pada sel dan jaringan kulit. Molekul dari radikal bebas dapat dilawan menggunakan anti-oksidan. Kandungan betalain pada tanaman kaktus dapat melenyapkan radikal bebas pada tubuh. Kandungan flavanoid dan vitamin E pada tanaman ini pun dapat melawan dan memperbaiki kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Itulah tadi beberapa manfaat dari tanaman kaktus yang tenyata memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan yang mungkin belum anda ketahui. Semoga info di atas dapat bermanfaat bagi anda. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari m.vemale.com

Jabarnews | Berita Jawa Barat

To Top