Smartcity

Terpeleset Nenek Iyah Nyebur Ke Sumur

Petugas Diskar PB Kota Bandung selamatkan nenek Iyah (75) dari dalam sumur (foto : red)

JABARNEWS | BANDUNG – Diduga karena terpeleset saat akan wudhu untuk shalat subuh, nenek Iyah (75) warga  Jl. Pasir Impun Gg. Supratman No. 23 Rt02/Rw10, Kelurahan Karang Pamulang, Kecamatan Mandala Jati, Kota Bandung masuk ke sumur sedalam 15 meter.

Kepala Diskar PB (Dinas kebakaran penanggulangan bencana)  Ferdi Legaswara mengatakan petugas Diskar PB menerim laporan sekitar 04.50 WIB.

“Setelah menerima informasi dari masyarakat ke DISKAR PB melalui
*Call Center 113* tentang orang yang masuk kedalam sumur dengan kedalaman 15 meter dengan
diameter lingkaran sumur 1.5 meter,” jelas Ferdi di kantornya, Jumat (9/2/2018).

Lanjutnya tim penyelamat Diskar PB yang diturunkan sebanyak 2 unit penyelamat, pleton 2 dan 1 unit bantuan ame medis PMI.

” Alhamdulilah, korban masih dalam keadaan selamat hanya mengalami luka-luka, seperti luka sobek terbuka pada bagian kepala atas (4 cm). Luka sobek terbuka pada kening kanan (2 cm), memar akibat benturan pada tangan kanan dan mengalami hipotermia. Yang melapor keluarganya pak Aan Kurniawan,” jelasnya.

Masih kata Ferdi sesampai dilokasi tim melakukan koordinasi dengan pihak
keluarga korban dan masyarakat setempat untuk melakukan penyelamatan/ evakuasi korban.

Penanganan dan Evakuasi korban dilakukan dengan cara *HAULING SYSTEM* dengan mempergunakan peralatan block and tackle, tripod, carabineur, harness dan sling serta ascender. Penanganan dilakukan 20 menit dari Pukul 05.00 WIB sampai dengan pukul 05.20 wib.

Korban tersebut berhasil dievakuasi dari dalam sumur langsung di rujuk ke Rumah Sakit dengan menggunakan ambulance ke rumah sakit terdekat untuk tindakan lanjutan. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat

To Top