3 Desember 2017, Akan Terlihat Supermoon Terakhir

Ini akan menjadi supermoon keempat tahun ini dan satu-satunya yang bisa kita lihat dengan mata telanjang.

Ilustrasi. (Foto: Net)

Mungkin, nantinya Anda akan sulit untuk membedakan supermoon dengan bulan biasa

JABARNEWS | BANDUNG - 3 Desember 2017 malam, para pengamat langit di seluruh dunia akan mendapat kesempatan untuk menyaksikan supermoon purnama pertama dan terakhir di tahun ini.

Supermoon adalah istilah populer untuk bulan purnama atau bulan baru yang berada di orbit bulan yang sangat dekat dengan Bumi. Orbit bulan yang mengelilingi Bumi bukanlah lingkaran yang sempurna, melainkan agak memanjang. Itu berarti, bulan mengubah jaraknya ke Bumi beberapa ribu mil dari waktu ke waktu, mencapai titik terdekat (perigee) dan titik terjauh (apogee) pada bulan tertentu.

Secara teknis, ini akan menjadi supermoon keempat tahun ini dan satu-satunya yang bisa kita lihat dengan mata telanjang. Hal itu dikarenakan tiga supermoon sebelumnya bertepatan dengan bulan baru, ketika cakram bulan menunjukkan wajah yang benar-benar gelap.

Bulan purnama Desember secara resmi terjadi tanggal 3 Desember, pukul 10:47 a.m. ET (15:47 UT). Setelah itu, sebelum berganti hari, orbit bulan akan membuat pendekatan terdekatnya ke Bumi, yang berjarak 222.443 mil dari planet kita, pada pukul 4.00 pagi ET (9:00 UT) di tanggal 4 Desember. Itu berarti, bulan pada malam tanggal 3 Desember akan muncul sekitar tujuh persen lebih besar dan 16 persen lebih terang dari biasanya.

Mungkin, nantinya Anda akan sulit untuk membedakan supermoon dengan bulan biasa. Bulan begitu jauh, sehingga perubahan halus yang terjadi akan sulit dideteksi dengan mata telanjang.

Untuk lebih lengkap bisa klik link berikut ini: http://nationalgeographic.co.id/berita/2017/11/bagaimana-cara-menyaksikan-supermoon-paling-terang-di-tahun-2017

Sumber: http://nationalgeographic.co.id

Supermoon Supermoon Purnama Terakhir di 2017 Bulan Purnama