Bachtiar Nasir & Cak Imin Sepakat Satukan Umat, Lupakan Masa Lalu

Dulu Masyumi menuduh NU berkhianat karena telah keluar dari Masyumi, dan NU menuduh Masyumi sebagai pemberontak karena bekerjasama dengan PRRI

Bachtiar Nasir dan Cak Imin saat menghadiri peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Nusantara Mengaji menggelar Khataman Alquran di Masjid Darul Quran Institut Perguruan Tinggi Jakarta, Kamis (30/11/2017) malam. (Foto: Net)

Umat zaman now harus berijtihad kembali untuk menyatukan umat serta menghilangkan ketegangan antar golongan

JABARNEWS | BANDUNG - Ketua GNPF MUI Ustaz Bachtiar Nasir dan Inisiator Nusantara Mengaji A Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sepakat akan menyatukan umat dan melupakan sejarah masa lalu yang menimbulkan trauma hingga saat ini.

“Ada jurang pemisah yang sangat dalam antara masyumi dengan NU, dan sampai sekarang aroma itu masih ada," kata dia saat menghadiri peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Nusantara Mengaji menggelar Khataman Alquran di Masjid Darul Quran Institut Perguruan Tinggi Jakarta, Kamis (30/11/2017) malam.

Dia menjelaskan dulu Masyumi menuduh NU berkhianat karena telah keluar dari Masyumi, dan NU menuduh Masyumi sebagai pemberontak karena bekerjasama dengan PRRI. Sehingga saat itu NU bejuang sendiri melawan komunis pada saat itu.

“Sejak saat itu, antara NU dan Masyumi terjadi ketegangan hingga saat ini, oleh sebab itu, saya dan Cak imin akan mencoba meredupkan ketegangan antar umat itu,” ujar Bachtiar.

Bachtiar menuturkan saat dirinya dilarang berceramah di Cirebon, dirinya menyadari bahwa penyebab utamanya adalah saya kurang silaturahim.

"Dan alhamdulilah hari ini saya berada di PTIQ, artinya saya berada di tengah-tengah intelektual NU,” tuturnya.

Selanjutnya Bachtiar Nasir mengajak agar luka lama disembuhkan dengan persatuan. Tidak ada yang salah dengan ijtihad pada saat itu, 

“Maka saya ingin hari ini kita perkuat persaudaraan, persatuan dengen ijtihad zaman now, NKRI harga mati,” pekik Bachtiar.

Sementara itu, Cak Imin sepakat bahwa umat zaman now harus berijtihad kembali untuk menyatukan umat serta menghilangkan ketegangan antar golongan.

“Saya dengan Ustaz Bachtiar Nasir ini lama sekali dijarakjauhkan dengan berbagai hal dan isu, alhamdulillah hari ini didekatkan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW,” ungkap Cak Imin.

Cak Imin mengaku sudah beberapa kali berdiskusi dengan Ustaz Bachtiar Nasir dan bersyukur dipertemukan dalam forum yang terbuka.

"Semoga dapat memperkuat ukhuwah islamiyah seluruh bangsa Indonesia,” harap Cak Imin.

Sumber: http://www.tribunnews.com

Cak Imin Bachtiar Nasir NU & Masyumi Satukan Umat