Banyaknya Sekolah Rusak Tidak Diketahui Pihak Dinas Pendidikan Kab. Tasikmalaya

Mengetahui jika ada sekolah yang rusak malah dapat informasi dari rekan-rekan wartawan atau membaca pemberitaan di media.

Salah satu bangunan sekolah di Kabupaten Tasikmalaya yang kondisinya sangat memprihatinkan. (Foto: Red)

Pemerintah pusat membutuhkan bukti fisik yang sudah dilaporkan oleh tim verifikasi

JABARNEWS|KAB. TASIKMALAYA – Maraknya pemberitaan soal adanya kondisi sekolah yang rusak ternyata belum diketahui oleh pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya.

Dinas Pendidikan mengaku mengetahui jika ada sekolah yang rusak malah dapat informasi dari rekan-rekan wartawan atau membaca pemberitaan di media.

"Kami pihak Dinas belum mengetahuinya, malah saya baru tahu dari anda,”ucapnya Iwa Kartiwa selaku Kabid Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya kepada awak media, Selasa (05/12/2017)

Oleh karena itu ia menghimbau kepada pihak sekolah agar bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah, setiap sekolah melalui operator harus selalu intens atau rutin perbulannya melaporkan agar terverifikasi melalui Dapodikdas dan tata kelola.

“Seharusnya setiap bulan pihak sekolah harus terus mendata, seperti data siswa, data tenaga pendidik, dan data sarana dan prasarana. Pokoknya jangan lupa selalu update berikan data setiap bulan karena itu sangat menentukan, setelah di verifikasi akan dilaporkan ke pemerintah pusat secara online,” tuturnya.

Kartiwa menerangkan yang menjadikan kendala salah satu sekolah yang tidak mendapatkan bantuan rehab, salah satu faktornya karena pihak sekolah tersebut kurang intens atau rutin update data. 

Selain itu yang menentukan layak dan tidaknya sekolah mendapatkan bantuan, bukan pihak Dinas Pendidikan Daerah Melainkan langsung, dan mereka juga yang banyak menentukan bantu renovasi atau tidaknya

“Pemerintah pusat membutuhkan bukti fisik yang sudah dilaporkan oleh tim verifikasi. Meskipun sekolah betul-betul memerlukan bantuan kalau update datanya tidak benar dan tidak rutin tetap tidak akan mendapatkan bantuan seperti yang marak diperbincang ini,”ucapnya.

Laporan: Yudi Romansyah
Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya Sekolah Rusak