Bayi Kembar Tiga Lahir Selamat di Purwakarta

Kelahiran kembar tiga atau dalam istilah medisnya triplet ini jarang terjadi

Inilah tiga bayi kembar yang lahir selamat di RSIA Asri Purwakarta. (Foto: Red)

Untuk kasus triplet baru 2-3 kasus saja yang ditangani selama bertahun-tahun

JABARNEWS | PURWAKARTA - Tim dokter yang dipimpin dr Purwantoro Sp.OG dan dr Ramli Sp.A berhasil mengeluarkan tiga bayi perempuan sekaligus dari kandungan Yati Sopyaningsih (27), warga Kampung Cikopo, Desa Cinangka, RT 09/RW 03, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta.

Istri dari Eka Ferdiansyah (28) tersebut, harus menjalani operasi caesar yang ditangani tim dokter Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Asri Purwakarta, Selasa (28/11/2017).

Kelahiran kembar tiga atau dalam istilah medisnya triplet ini jarang terjadi. Guerlich (1930) melaporkan frekuensi kehamilan ganda pada 121 juta persalinan triplet 1:7.629.

dr Purwantoro mengaku puas dengan kinerja tim operasi. Ia menuturkan ketiga bayi perempuan yang lahir melalui operasi cesar itu memiliki berat berbeda, yakni pertama 2,2 kg, kedua 2,4 kg, dan bayi ketiga 2,6 kg. 

"Berat tersebut normal untuk bayi triplet. Dan kami bersyukur, semua proses berjalan sangat lancar. Tim operasi bekerja sangat padu dan saat ini ketiga bayi ini dalam kondisi sangat sehat," kata dr Purwantoro, Kamis (30/11/2017).

Ia mengakui selama bertugas di Purwakarta, kasus bayi kembar (gemelli) cukup banyak. Namun untuk kasus triplet baru 2-3 kasus saja yang ditangani selama bertahun-tahun.

"Bayi kembar tiga tersebut memiliki kelamin sama dan identik karena berasal dari satu indung telur," ujarnya.

Sementara itu saat ditemui RSIA Asri Purwakarta, pasangan Yati Sopyaningsih dan Eka Ferdiansyah mengaku bersyukur kembali menerima anugerah dari Allah SWT.

"Sebelumnya, kami juga sudah dikaruniai bayi kembar dua (gimelli) bernama Asyam Sofyan dan Fakih Asyraf, juga melalui operasi caesar," ungkapnya.

Keduanya pun sudah memberi nama untuk ketiga buah hatinya itu, Ganiah Arsyifa Salsabila, Ganiah Arsyila Salsabila, dan Ganiah Arsyita Salsabila. 

"Saya ucapkan terimakasih kepada tim dokter dan seluruh perawat RSIA Asri yang ramah-ramah," tuturnya. 

Ditempat terpisah, Owner RSIA Asri Purwakarta H Rustandie SH yang mengetahui kabar tersebut ikut merasa bahagia atas kelahiran kembar tiga di rumah sakit miliknya itu.

"Apresiasi saya sampaikan kepada tim dokter dan selamat kepada orangtua bayi kembar. Semoga tumbuh menjadi anak yang sehat, cerdas, dan saleha," ucapnya.

Laporan: Redaksi
Tiga Bayi Kembar Lahir Selamat Di Purwakarta RSIA Asri Purwakarta