Bekraf Festival Akan Sambangi Kota  Bandung

Bandung telah masuk ke dalam Jaringan Kota Kreatif Dunia oleh UNESCO dalam bidang desain.

Bekraf saat menggelar Konferensi Pers di program kehumasan Kota Bandung "Bandung Menjawab", Selasa (05/12/2017). (Foto: Red)

Bekraf Festival pada tanggal 7-10 Desember 2017 mendatang

JABARNEWS | BANDUNG – Kota Bandung menjadi Kota terpilih dalam menyelenggarakan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Festival pada tanggal 7-10 Desember 2017 mendatang di Gedung Bandung Creative Hub (BCH), Bandung.

Bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Deputi Riset, Edukasi, dan Pengembangan Bekraf Abdur Rohim Boy mengatakan, Bandung telah terbukti menjadi rumah bagi banyak aktivis kreatif yang kemudian memberikan kontribusi bagi peningkatan ekonomi kota.

"Apalagi Bandung telah masuk ke dalam Jaringan Kota Kreatif Dunia oleh UNESCO dalam bidang desain," katanya saat ditemui di Taman Sejarah, Balai Kota Bandung, Selasa (05/12/2017).

Lanjutnya, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengurangi angka kemiskinan sekaligus membuka lapangan pekerjaan lewat ekonomi kreatif.

Selain itu juga untuk memberikan pengetahuan tentang pentingnya ekonomi kreatif dalam menyokong pembangunan negara. 

"Saat ini, kontribusi ekonomi kreatif terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) negara mencapai Rp. 852 trilyun atau 7,38% dari total PDB nasional," jelasnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Dewi Kaniasari memberikan dukungan terhadap kegiatan yang akan digelar tersebut.

"Di Bandung, ekonomi kreatif memang memiliki peran penting dalam menjaga laju pertumbuhan ekonomi kota. Sebagian besar pendapatan dari pariwisata ditunjang bukan hanya dari destinasi wisatanya tetapi juga ekonomi kreatifnya," sambungnya.

Sebagai penutup, Dewi berharap melalui Bekraf Festival kesadaran masyarakat terhadap ekonomi kreatif menjadi semakin tinggi.

Untuk diketahui, Bekraf Festival adalah kegiatan eksibisi yang digelar oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk memberikan informasi tentang pencapaian-pencapaian Bekraf sejak berdiri pada tahun 2015. 

Dimana dalam acara tersebut akan ditampilkan berbagai produk dari 16 subsektor ekonomi kreatif.

Laporan: Teddy Permana
Bekraf Festival Badan Ekonomi Kreatif Jaringan Kota Kreatif Dunia Kota Bandung