Jika Pakai Cicin Ini Dipercaya Bisa Cegah HIV/AIDS

Saking mudahnya penggunaan cincin ini, wanita bisa dengan sendiri memasukannya.

Ilustrasi. (Foto: Net)

Puluhan ribu nyawa melayang setiap tahunnya (24 ribu jiwa tahun lalu) akibat penyakit yang ditularkan antara lain oleh hubungan seksual

JABARNEWS | BANDUNG - Setidaknya saat ini terdapat satu juta jiwa warga negara Malawi, sebuah negara kecil di Afrika, yang hidup dengan AIDS.

Data The Joint United Nations Programe on HIV and Aids (UNAIDS) mencatat puluhan ribu nyawa melayang setiap tahunnya (24 ribu jiwa tahun lalu) akibat penyakit yang ditularkan antara lain oleh hubungan seksual.

Perlu diketahui, pria Mawawi, seperti dilaporkan BBC, memilliki lebih dari satu pasangan seksual.

Hal inilah yang menyebabkan mengapa para wanita Malawi semakin peduli terhadap kesehatan mereka.

“Mereka (wanita Malawi) dipasangi cincin ini. Mereka benar-benar cemas (soal AIDS),” kata salah satu ibu rumah tangga yang terlibat dalam uji coba cincin vagina yang dibandrol dengan harga $7 itu.

“HIV di Malawi sangatlah buruk, Bangsal-bangsal di sini penuh (dengan pasien AIDS), saya bisa bilang semua orang penah kehilangan orang tercinta mereka,” kata wanita yang namanya tidak disebutkan itu.

“Dalam budaya kami, (wanita) bernegosiasi soal hubungan intim adalah hal yang sulit, itu adalah tantangan, kami wanita hanya ingin sesuatu untuk melindungi kami.”

Menurut studi yang dikepalai Dr. Annelene Nel yang masih berjalan ini, cincin vagine ini sangatlah krusial untuk menyelamatkan nyawa wanita Malawi.

“Bagi wanita yang tidak bisa bicara soal hubungan intim aman atau pun penggunaan kondom, maka cincin ini adalah satu-satunya opsi,” kata Dr. Nel.

Cincin berbahan silikon ini sendiri digunakan dengan cara dimasukan ke dalam lubang Miss V yang mengeluarkan obat antiretroviral yang mencegah virus terkontraksi.

Cincin yang tersembunyi ini juga diklaim mampu melindungi penggunanya dalam satu bulan penuh sebelum penggantian cincin berikutnya.

Para pria juga disebut tidak bisa membedakan antara Miss V yang menggunakan cincin ini dengan yang tidak.

Bahkan saking mudahnya penggunaan cincin ini, wanita bisa dengan sendiri memasukannya.

Sumber: www.jpnn.com

Cicin Cegah HIV/AIDS HIV/AIDS UNAIDS Cincin Berbahan Silikon