Kab. Tasikmalaya Hanya Punya 1 Mobil Damkar yang Berfungsi

1 unit mobil Damkar tersebut harus siap melayani 39 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tasikmalaya.

Dari 4 unit hanya 1 unit mobil Damkar yang berfungsi dan harus siap melayani 39 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tasikmalaya. (Foto: Red)

Kendati dengan keterbatasan yang ada, pihaknya akan selalu siap memadamkan api saat terjadi peristiwa kebakaran

JABARNEWS | KAB. TASIKMALAYA - Dari 4 unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) yang dimiliki Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Tasikmalaya, hanya 1 unit mobil Damkar yang berfungsi.

Pasalnya, dari 4 unit mobil tersebut 2 diantaranya tidak bisa jalan dan 1 unit alat semprot air sudah tidak berfungsi.

"Dari 4 unit mobil Damkar ini kang, hanya 1 yang bisa beroperasi," kata Kabid Damkar, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Tasikmalaya, Nandang kepada awak media, Senin (04/12/2017).

Yang ironisnya lagi, 1 unit mobil Damkar tersebut harus siap melayani 39 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tasikmalaya. Tak Jarang saat peristiwa kebakaran terjadi, petugas Damkar menjadi sasaran amuk warga karena dinilai terlambat tiba di lokasi.

"Pernah di satu wilayah mobil ini dilempari warga karena alat penyemprot airnya tidak berfungsi. Kalau ingat hal itu kami sebagai petugas Pemadam sangat malu dengan kejadian tersebut," ucapnya.

Kendati dengan keterbatasan yang ada, pihaknya akan selalu siap memadamkan api saat peristiwa kebakaran terjadi. Namun ia pun berharap Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya memperhatikan keperluan pihak Dinas Pemadam Kebakaran terkait sarana dan prasarana karena itu nanti untuk keperluan masyarakat banyak.

"Mungkin karena anggarannya tidak cukup kita belum mendapatkan tambahan mobil baru. tetapi seharusnya pemerintah bisa memilih dan memilah, Dinas mana yang lebih memerlukan fasilitas tersebut. Karena ini menyangkut keselamatan warga. Tapi saya berdoa semoga tidak terjadi kebakaran di daerah kita ini," harapnya.

Laporan: Yudi Romansyah
Mobil Damkar Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Tasikmalaya