Kacau, 34 Tahun Sekolah Di Tasikmalaya Ini Tak Pernah Diperbaiki

"Kami sudah melaporkan ke pihak pemerintah dan diminta dibuat proposal pengajuan. Tapi, hingga kini belum ada realisasi.”

Kondisi gedung SDN Mekarwangi di Kampung Mekarwangi, Desa Mandalahurip, Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya (Foto: redaksi)

JABARNEWS | KAB.TASIKMALAYA – SDN Mekarwangi dibiarkan rusak. Gedung sekolah yang berada di Kampung Mekarwangi, Desa Mandalahurip, Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya, ini kondisinya memprihatinkan karena sudah puluhan tahun tidak diperbaiki.

Dari pantauaan Jabarnews di lapangan, sekolah ini memiliki delapan ruangan, yang enam diantaranya adalah ruangan kelas untuk belajar. Sementara sisanya adalah ruangan guru dan kepala sekolah. Kondisi seluruh bangunan sekolah itu sudah lapuk dimakan usia.

Dari delapan ruangan yang ada di sekolah itu lima diantaranya tampak hancur. Bahkan dua ruangan kelas dikosongkan karena dikhawatirkan akan ambruk. Siswa hanya memanfaatkan tiga ruang kelas yang ada, meskipun kondisinya sama nyaris hancur, tetapi dianggap masih aman.

 “Sudah lima tahun tidak ada perbaikan. Kami sudah melaporkan ke pihak pemerintah dan diminta dibuat proposal pengajuan. Tapi, hingga kini belum ada realisasi,” ungkap Ateng (40) salah seorang guru SDNMekarwangi.

Bahkan, tambah Ateng, dua ruang kelas yang saat ini sudah dikosongkan tersebut belum pernah tersentuh renovasi sejak dibangun tahun 1983. Sebagai tenaga pengajar Ateng juga mengaku tidak mengerti, kenapa SDN Mekarwangi tidak tersentuh pembangunan pemerintah. Padahal sekolah tersebut masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat di desa terpencil di Kabupaten Tasikmalaya tersebut.

“Jumlah muridnya memang tidak banyak, ada sekitar 80 siswa. Tapi meskipun sedikit, mereka juga punya hak untuk belajar yang layak,”tutur dia.

Hingga berita ini diturunkan, Jabarnews belum mendapat keterangan dari dinas pendidikan setempat. Termasuk Bupati Tasikmalaya.

Laporan: Yudi Romansyah
Tasikmalaya SDN Mekarwangi Gedung Sekolah Rusak