Ketua Yayasan Biru Indonesia Bagikan Tips Merawat & Mendidik Anak Autisme

Anak autisme memiliki beberapa keunggulan dalam melakukan sesuatu.

Ketua Yayasan Biru Indonesia, Juju Sukmana usai menghadiri Talk Show "Disabilitas, Mereka Berkarya Bersama Kita Untuk Indonesia", Kamis (07/12/2017). (Foto: Red)

Talk Show "Disabilitas, Mereka Berkarya Bersama Kita Untuk Indonesia"

JABARNEWS | BANDUNG – Ketua Yayasan Biru Indonesia, Juju Sukmana mengatakan bahwa kaum difable khususnya anak dengan autisme mempunyai potensi yang sama untuk berkarya.

"Jadi tadi itu kita membahas jika mereka itu (Kaum difable) juga bisa berkarya. Tentu saja karya-karyanya pun berkualitas." katanya saat menjadi pembicara Talk Show "Disabilitas, Mereka Berkarya Bersama Kita Untuk Indonesia" di Graha Manggala Siliwangi, Jalan Aceh No. 60, Kota Bandung, Kamis (07/12/2017).

Juju prihatin, jika masih ada masyarakat yang awam menilai autisme sebagai hal yang negatif dan ia mengimbau sebaiknya masyarakat berprasangka yang baik sebelum menilai sesuatu.

Yang pertama terima dulu bahwa mereka anugerah yang maha kuasa, yakinkan diri bahwa kita orang tua yang istimewa, jangan malas upgrade kemampuan yang dimiliki berkaitan dengan anak agar tahu mengarahkan anak ke arah mana, semangat dan tidak putus asa serta sering bergabung dengan dengan anak-anak komunitas untuk sharing dan banyak informasi disitu

"Autis itu bukan penyakit jiwa, mereka juga memiliki  perasaan,  punya harapan dan semangat, hanya dia tidak/belum bisa mengkomunikasikannya. Jadi kalau ada masyarakat menemui sesuatu yang ganjil jangan dulu langsung di judge anak nakal, tidak tahu aturan, tapi kita memahami, kemungkinan anak tersebut Autis," ucapnya. 

Titik poinnya ada beberapa hal yang terdapat pada anak-anak disabilitas yaitu keunggulan kejujuran, fokus, struggling, daya juang tinggi dan tekun dalam melakukan sesuatu.

"Anak autisme memiliki beberapa keunggulan dalam melakukan sesuatu," tuturnya.

Laporan: Teddy Permana
Yayasan Biru Indonesia Anak Autisme Tips Merawat & Mendidik Juju Sukmana Disabilitas Mereka Berkarya Bersama Kita Untuk Indonesia