Pangdam III/Siliwangi: 6 Bulan Kedepan Sungai Citarum Harus Bebas Sampah

Langkah menyelamatkan ekosistem Citarum lewat Citarum Harum Project.

Tengah- Pangdam III/Siliwangi, Mayjen Doni Monardo dan pihak terkaitnya lainnya saat menghadiri Citarum Harum Project, di Situ Cisanti, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Minggu (03/12/2017). (Foto: Red)

Berkomitmen melestarikan ekosistem sungai Citarum dengan menerjunkan personil TNI

JABARNEWS | BANDUNG – Pangdam III/Siliwangi, Mayjen Doni Monardo mengajak keterlibatan semua pihak agar 6 bulan kedepan Sungai Citarum bisa bebas dari sampah.  

"Pengelolaan pelestarian Citarum sudah dilakukan oleh beberapa stokholder pemerintahan. Namun perlu struktur koordinasi satu komando dalam pelaksanaan di lapangan agar dalam waktu 6 bulan Sungai Citarum bebas sampah," katanya saat memberikan arahan di Situ Cisanti, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Minggu (03/12/2017).

Pangdam III/Siliwangi pun menyatakan kesiapannya untuk mewujudkan hal tersebut sebagai salah satu langkah menyelamatkan ekosistem Citarum lewat Citarum Harum Project.

Saat ini Kodam III/Siliwangi telah menerjunkan setidaknya 20 perwira TNI untuk setiap perwira ditugaskan di 13 sektor. Yaitu untuk melakukan pengerukan sampah di sungai Citarum sepanjang 269 Km dalam upaya mensterilkan Sungai Citarum dari sampah dan limbah.

"Karya bakti Situ Cisanti dalam upaya revitalisasi sungai Citarum, Kodam III/Siliwangi, dan Pemerintah Bandung Barat, atas dukungan penuh Pemerintah Provinsi Jawa barat, berkomitmen melestarikan ekosistem sungai Citarum dengan menerjunkan personil TNI," ungkapnya.

Sebagai penutup, Ia menilai Situ Cisanti yang terletak di Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, merupakan titik nol sungai Citarum, sehingga awal dari kegiatan pelestarian sungai harus dari hulu dan selanjutnya ke hilir.

Laporan: Teddy Permana
Pangdam III/Siliwangi Sungai Citarum Bebas Sampah Citarum Harum Project