Perbedaan Bahasa Tak Menjadi Hambatan Bagi Febri

Bahasa sepakbola adalah bahasa yang lebih universal terlepas bahasa apapun yang terlibat di antara pelakunya.

Febri tetap antusias menyambut Mario Gomez (Foto: PERSIB.co.id/M Jatnika S)

JABARNEWS | BANDUNG - Perbedaan bahasa di dalam sepakbola tak akan menjadi sebuah kesulitan berarti bagi winger PERSIB, Febri Hariyadi. 

Hal tersebut diutarakannya terkait penunjukkan Mario Gomez sebagai pelatih baru Maung Bandung.

Seperti diketahui, Roberto Carlos Mario Gomez  merupakan pelatih berkebangsaan Argentina yang menggunakan bahasa Spanyol sebagai bahasa resminya. Baginya ini adalah karier pertamanya menukangi tim PERSIB di kompetisi 2018 mendatang .

Febri memastikan bahwa tim PERSIB tak akan mendapatkan kendala di bawah asuhan Mario Gomez karena pada pasalnya, ia lebih meyakini jika bahasa sepakbola adalah bahasa yang lebih universal terlepas bahasa apapun yang terlibat di antara pelakunya.

"Namanya bahasa sepakbola pasti sepakbola mau di mana pun, hampir sama," ujar Febri.

Faktor komunikasi di dalam sepakbola sangatlah penting, terutama yang terjalin antara pelatih dengan pemain. Bahasa sebagai alat komunikasi pun menjadi penentu, apakah pesan antara penutur kepada yang dituju tersampaikan atau tidak.

Oleh karena itu, Bow pun menekankan akan pentingnya proses adaptasi saling mengenal antara pelatih dengan  pemain. Hubungan timbal-balik tersebut akan memunculkan sikap saling pengertian sehingga menutup kekurangan di segi komunikasi yang bisa muncul di kemudian hari.

"Jadi, buat saya sendiri sebagai pemain enggak merasa walaupun ada perbedaan bahasa tidak menjadi sebuah kesulitan. Yang jelas, semuanya harus sama-sama bisa dengan cepat beradaptasi," tutup pemain yang di Tim Nasional Indonesia juga ditangani pelatih berbahasa Spanyol, Luis Milla.

Sumber: www.persib.co.id
PERSIB Roberto Carlos Mario Gomez Pelatih Baru