Tuntut Penghitungan Suara Ulang, Ratusan Pendukung Geruduk Kantor Desa Sinagar

Ada isu kecurangan dalam pelaksanaan Pilkades.

Terlihat ratusan pendukung salah satu calon Kepala Desa saat mendatangi Kantor Desa Sinagar, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, Jum'at (01/12/2017). (Foto: Red)

Pelaksanaan Pilkades di Desa Sinagar, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya

JABARNEWS | KAB. TASIKMALAYA - Ratusan pendukung Calon Kepala Desa Sinagar, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya dengan Nomer Urut 3, geruduk kantor desa setempat, Jum'at (01/12/2017). 

Kedatangan mereka karena merasa kecewa calon yang dipilihnya tidak lolos dan diduga terjadi kecurangan dalam penghitungan suara.

Salah satu warga pendukung calon Kepala Desa Nomor Urut 3 mengatakan pihaknya menemukan adanya kejanggalan, seperti hak pilih orang yang sudah meninggal digunakan kembali, ada pemilih diluar daerah ikut memilih, bahkan ada juga money politik.

"Kami dari pendukung calon Kepala Desa Nomor Urut 3 meminta panitia Pilkades melakukan penghitungan suara ulang," katanya.

Sementara itu, Ketua BPD Desa Sinagar, Heri Ambari menepis adanya isu kecurangan dalam pelaksanaan Pilkades tersebut. Kalau memang benar, silahkan bawa dengan bukti terlampir, tidak bisa hanya sebatas opini. Pihaknya pun siap menerima pengaduan tersebut. 

"Semua saksi sudah menandatangani hasil akhir. Jadi kami akan memegang teguh itu. Adapun terkiat tuntutan salah satu pendukung calon Kepala Desa untuk membuka dan menghitung ulang hasil pemilihan, itu belum bisa dilaksanakan," ucap Heri.

Ditempat yang sama Ketua Panitia Pilkades, Dede Jordaniah, menambahkan, pihak panitia akan tetap melakukan sesuai prosedur pemilihan berdasarkan Perbub. Mengenai tuntutan silahkan saja, pihaknya menagku sangat terbuka. 

"Kita menyayangkan kenapa mereka melayangkan protes setelah semua proses selesai dan ditandatangani," tambahnya.

Laporan: Yudi Romansyah
Kecurangan Pilkades Desa Sinagar Tuntut Penghitungan Suara Ulang Ratusan Pendukung Geruduk Kantor Desa