Kota Bandung Mendukung Kampanye Pupil Putih

Kota Bandung Mendukung Kampanye Pupil Putih

JABAR NEWS | BANDUNG – Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil mendukung penuh kampanye Pupil Putih yang dicanangkan oleh Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek di Rumah Sakit Pusat Mata Nasional (PMN) Cicendo, Minggu (5/2/2017). Ia menyatakan akan turut menyukseskan kampanye tersebut di tingkat kota.

Kampanye Pupil Putih merupakan gerakan untuk mengurangi pengidap Retiniblastoma atau pupil putih, terutama di kalangan anak-anak. Menurut siaran pers yang dilansir Rumah Sakit PMN Cicendo, kampanye ini dilaksanakan karena banyaknya pasien dengan penyakit tersebut dalam stadium lanjut dan terlambat terdeteksi.

Retinoblastoma merupakan tumor ganas mata yang paling sering terjadi pada anak. Gejala penyakit tersebut ditandai dengan adanya leukocoria (pupil putih) atau seperti “mata kucing”. Insidensi Retinoblastoma berkisar antara 1:16.000 dan 1:18.000 kelahiran hidup. Penyakit ini bukan hanya mengancam pengelihatan tetapi juga bisa menyebabkan kematian.

Ridwan mengatakan, “Dari 9000 kebutaan, ternyata 8000 bisa disembuhkan. Tapi karena pengetahuannya kurang maka terjadilah angka itu.”

Kampanye ini dilaksanakan bertujuan agar masyarakat bisa lebih sadar atas gejala-gejala awal pada Retinoblastoma sehingga penanganannya dapat lebih segera dilakukan. Biasanya, persoalan hadir ketika orang tua atau orang-orang di sekitar penderita mengabaikan gejala-gejala yang muncul.

“Kita akan memastikan itu tidak terjadi di Kota Bandung,” katanya.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Bandung sendiri akan proaktif untuk terjun ke masyarakat guna melakukan deteksi awal dan memberikan sosialisasi. Ridwan akan memerintahkan jajarannya agar ada petugas yang berkeliling ke kewilayahan.
“Kita akan mengirimkan tim sekitar 5 orang di kelurahan-kelurahan untuk menemukan mereka-mereka yang terkena kebutaan yang bisa disembuhkan,” jelasnya.

Kampanye Pupil Putih ini juga merupakan bagian dari gerakan global Vision 2020 yang dicanangkan oleh World Health Organization (WHO) yang dimulai sejak tahun 1999 lalu. Rumah Sakit PMN Cicendo mencanangkan program kampanye tersebut dalam rangkaian puncak peringatan Hari Ulang Tahun rumah sakit tersebut yang ke-108.

Pada kegiatan tersebut dilaksanakan pula Talkshow tentang Pupil Putih dan Vision 2020 yang menghadirkan Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil, dan Direktur Utama Rumah Sakit Mata Cicendo Irayanti sebagai narasumber.

Usai melaksanakan talkshow, Menteri Nila lalu meresmikan instalasi kamar bedah mata standar internasional, didampingi oleh Wali Kota Bandung, Gubernur Jawa Barat, dan Direktur Utama Rumah Sakit Mata Cicendo.(Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Comments

comments

Related posts