Wali Kota Bandung Resmikan Taman Sejarah

Wali Kota Bandung Resmikan Taman Sejarah

JABAR NEWS | BANDUNG – Wali Kota Bandung M.Ridwan Kamil secara resmi membuka Taman Sejarah untuk umum yang berada di bekas lahan parkir Gedung DPRD Kota Bandung, Jalan Aceh, Kota Bandung, Sabtu (04/02/2017).

Dalam acara tersebut, Ridwan Kamil secara khusus mengundang keluarga Wiranatakusuma sebagai salah seorang tokoh yang membangun Bandung sekaligus Wali Kota Bandung. Selain itu dalam acara ini dihadiri oleh perwakilan dan keluarga mantan-mantan Wali Kota Bandung, Sejarahwan asal Kota Bandung dan masyarakat Kota Bandung yang antusias berdatangan langsung ke taman sejarah.

Ridwan Kamil mengaku dirinya sangat bahagia dengan selesainya Taman Sejarah tersebut, karena itu, ia merasa terharu menjadi bagian terbangunnya taman sejarah yang akan menjadi kebanggaan masyarakat Kota Bandung.

“Saya terharu dengan suasana hati saya hari ini, karena sampai juga sebuah hari dalam sejarah kita, kota ini mendapatkan haknya. Kota yang hebat ini telah menemukan asal muasalnya. siapa bupati-bupati Bandung, siapa wali kota-walikota bandung dan sejarah pada era Wiratakusuma,” ujarnya.

Selain itu, Ridwan Kamil mengatakan Taman Sejarah ini akan menjadi tempat yang cocok untuk anak-anak dan remaja yang ingin mengetahui sejarah Kota Bandung. Baginya Kota Bandung sendiri merupakan perlintasan dari sebuah peradaban yang terjadi di Indonesia.

“Disinilah lahir kemerdekaan asia-afrika, Bandung itu rahimnya Indonesia, hamil tuanya di Kota Bandung. Selain itu Bung Karno dan Bung Hatta pertama kali berkenalan di Kota Bandung, jadi bertapa luar biasanya kota yang mulia ini. Taman ini merupakan cara saya mengingatkan semua orang akan pentingnya sebuah sejarah seperti pesan yang disampaikan oleh bung Karno jangan sekali-kali meninggalkan dan melupakan sejarah,” tuturnya.

Menurut salah satu keluarga dari Raden Wiratakusuma yaitu Martoyo, ia mengapresiasi dengan sebesar-besarnya kepada pemerintah Kota Bandung khususnya Wali Kota Ridwan Kamil karena sudah bersedia membangun Taman Sejarah yang membuatnya merasa bangga.

“Terimakasih kepada Wali Kota Bandung yang sudah membuat Taman Sejarah ini, Kota Bandung memang cocok di juluki Kota sejarah karena banyak nilai history yang terkandung dalam terbangunnya Kota yang kita cintai ini,” Katanya.

Bagi Martoyo, ini merupakan terobosan yang relevan dengan ungkapan Bung Karno yaitu Bangsa yang besar ialah bangsa yang tidak melupakan sejarah. Sehingga melalui Taman Sejarah masyarakat Jawa Barat khususnya Kota Bandung dapat mengenai siapa saja tokoh dan sosok yang membesarkan Kota Bandung.

“Melalui media fisualisasi semoga akan menjadi informasi bagi masyarakat Kita Bandung yang ingin mengetahui sejarah di era Wiratakusuma lebih dalam. Ini meruapakan terobosan yang relevan  sesuai dengan ungkapan bung karno sebagai founding father NKRI bahwa bangsa yang besar ialah bangsa yang tidak melupakan sejarah, Monumen ini adalah bagian dari sejarah yang tentunya milik masyarakat,” Imbuhnya.

Dalam acara ini turut dihadiri oleh Tisna Sanjaya yang merupakan seniman yang berasal dari Kota Bandung, menurutnya ini merupakan peristiwa yang sangat penting dan dibutuhkan masyarakat di zaman modern seperri sekarang. Supaya mereka dapat mengetahui sejarah nenek moyangnya terdahulu.

“Tempat ini sangat penting karena dapat mengedukasi masyarakat, ini merupakan kepeduliaan Pemerintah Kota. sungguh membanggakan karena telah mengajarkan kepada warga tentang hal proses sejarah tidak hanya hasil sejarah,” jelasnya.

Tisna menambahkan banyak nilai positif yang terkandung dalam pembuatan Taman Sejarah ini. Masyarakat bisa meniru semangat para tokoh yang tanpa lelah membangun Kota kembang ini. “Tentu taman inj memiliki nilai lebih, kita akan punya harapan dengan membaca sejarah ini karena dengan membaca sejarah kita punya semangat dan bisa mendorong untuk mencintai kota ini dengan meneladani sifat para toko yang bersemangat untuk menjadikan Kota Bandung sebagai kota terbaik,” tegasnya.(Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Comments

comments

Related posts