Wakil Wali Kota Bandung Ziarahi Makam Pahlawan BLA

Wakil Wali Kota Bandung Ziarahi Makam Pahlawan BLA

BANDUNG | JABAR NEWS – Wakil Wali Kota Bandung Oded M.Danial mengatakan, bahwa dirinya mencontoh semangat juang pahlawan dalam bekerja dari para veteran yang pada saat dahulu menyerahkan jiwa dan raganya untuk melawan para penjajah sehingga membakar seluruh Kota Bandung yang dikenal dengan peristiwa Bandung Lautan Api (BLA).

“Saya sangat mencontoh semangat para pejuang kita, veteran yang dengan gagah menyerahkan segenap jiwa raganya untuk melawan dan mengusir para penjajah, mereka membakar Kota Bandung sebagai bentuk perlawanan yang sekarang dikenal dengan peristiwa Bandung Lautan Api (BLA).

Hal tersebut disampaikan Wakil Wali Kota Bandung Oded M.Danial saat selelai berziarah ke Makam Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Cikutra, Jalan Cikutra, Kota Bandung, Kamis (23/03/2017).

Lanjutnya Oded mengatakan, peringatan Bandung Lautan Api ada tiga rangkaian, diantaranya berziarah rombongan di Taman Makan Pahlawan yang diawali dengan upacara penghormatan bersama para veteran, lalu pawai obor Bandung Lautan Api dan yang terakhir besok 24 Maret 2017 akan dilaksanakan upacara besar peringatan Bandung Lautan Api yang ke-71 di Balai Kota Bandung.

“Berziarah ini merupakan salah satu dari 3 rangkaian Peringatan Bandung Lautan Api di Kota Bandung, yang didahulukan upacara penghormatan bersama para veteran baru saja tadi, yang kedua ialah pawai obor nanti malam, dan acara puncaknya besok melaksanakan upacara besar peringatan Bandung Lautan Api (BLA) di Balai Kota Bandung,”tuturnya.

Peristiwa Bandung Lautan Api sendiri adalah peristiwa kebakaran besar yang terjadi di Kota Bandung  pada 23 Maret 1946. Dalam waktu tujuh jam, sekitar 200.000 penduduk Bandung membakar rumah mereka, meninggalkan kota menuju pegunungan di daerah selatan Bandung. Hal ini dilakukan untuk mencegah tentara Sekutu dan tentara NICA Belanda untuk dapat menggunakan kota Bandung sebagai markas strategis militer dalam Perang Kemerdekaan Indonesia.

Oded juga memaparkan, Peringatan Bandung Lautan Api diikuti dari beberapa lapisan masyarakat di Kota Bandung diantaranya pelajar, tokoh masyarakat, Aparatur Sipil Negeri (ASN) Kota Bandung, instansi keamanan baik dari TNI ataupun Polri dan yang pasti ialah veteran.

“Acara ini akan diikuti oleh beberapa lapisan masyarakat yang secara antusias mengikuti rangkaian acaranya, diantaranya para pelajar, tokoh masyarakat, ASN di Kota Bandung, TNI, Polri dan yang tidak ketinggalan ialah para veteran,” imbuhnya.

Mang Oded sapaan karib Oded M.Danial memiliki pandangan khusus mengenai arti pahlawan dimatanya ialah orang-orang yang sangat pantas mendapatkan pahala dan mendapatkan penghargaan atas jasa-jasanya.

Menurut saya makna pahlawan ialah orang yang benar-benar pantas mendapatkan pahala dan penghargaan atas jasa-jasanya untum melawan penjajah. Saya sebagian dari anak bangsa ini mengajak kepada semua untuk membangun sifat dan pribadi kepahlawanan,”jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Oded berziarah ke makam Mashudi mantan Gubernur Jawa Barat pada tahun 1960-1970, Yogie Suardi Memet mantan Gubernur Jawa Barat pada tahun 1985-1993, R.Otje Djunjunan mantan Wali Kota Bandung pada tahun 1971-1976 dan yang terakhir ke makam mantan Wali Kota Bandung R.Husein Wangsaatmaja yang menjabat pada tahun 1978-1983.(Red)

Comments

comments

Related posts