Menumpang Becak Di Kota Bandung Akan Didenda Rp. 250 Ribu

Menumpang Becak Di Kota Bandung Akan Didenda Rp. 250 Ribu
Photo Credit To Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Didi Ruswandi saat dimintai keterangan perihal larangan becak untuk daerah tertentu di Kota Bandung, Kamis (06/07/2017). (Foto: Red)

JABAR NEWS | BANDUNG – Dinas Pehubungan Kota Bandung akan melakukan penertiban untuk kendaraan roda tiga/becak di beberapa titik pusat Kota Bandung.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Didi Ruswandi mengatakan, penertiban becak ini dilakukan untuk mengurai kemacetan lalulintas di jalan-jalan arteri.

“Jalan-jalan arteri tidak diperuntukan untuk kendaraan berkecepatan rendah, karena becak itukan kendaraan pemukiman,” kata Didi di Bandung, Kamis (06/07/2017).

Didi menjelaskan penertiban tersebut akan dilakukan di daerah-daerah prioritas sesuai petunjuk Pak Walikota, seperti Alun-alun, Dewi Sartika, Kepatihan, Otista, Pasarbaru dan Asia Afrika.

“Daerah itukan sering terjadi kemacetan makanya dilarang untuk mengemudikan becak di daerah tersebut,” jelasnya.

Didi menyebutkan untuk pengemudi becak yang melanggar akan dikenakan biaya paksa sebesar Rp. 250 Ribu, tak hanya itu penumpang yang kedapatan melanggar juga akan dikenakan biaya paksa dengan nominal yang sama.

“Pengemudi becak yang melanggar akan dikenakan sanksi dengan biaya paksa yang diatur sesuai Perda, yaitu Rp. 250 Ribu, begitu pun bagi penumpang becaknya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kota Bandung, Dadang Iriana mengatakan pihaknya sudah menyediakan sarana baik untuk sosialisasi dengan mobil penyuluhan dan mobil penindakan.

“Sarana sudah kami sediakan, Senin mulai penertiban untuk pengemudi juga penumpang becak dan akan dikenakan sanksi agar ada efek jera,” ungkap Dadang.

Untuk penertiban tersebut Kasatpol PP mengatakan ada 150 personel yang telah siap untuk melakukan penertiban setiap harinya.

“Becak yang kedapatan melanggar akan ditampung di Sukaluyu Buah Batu,” terangnya. (Nur)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Comments

comments

Related posts