Sebanyak 98.740 Pelajar Kota Bandung Dapatkan Kartu Bandung Juara

Sebanyak 98.740 Pelajar Kota Bandung Dapatkan Kartu Bandung Juara
Photo Credit To Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bandung, Mia Rumiasari saat dimintai keterangan perihal program Kartu Bandung Juara, Selasa (25/07/2017). (Foto: Red)

JABAR NEWS | BANDUNG – Program pemerintah untuk memberikan bantuan kepada siswa Rawan Melanjutkan Pendidikan (RMP) melalui Kartu Bandung Juara diharapkan dapat membantu semua anak untuk dapat bersekolah secara berkelanjutan.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bandung, Mia Rumiasari mengatakan untuk pengelolaan Kartu Bandung Juara ini diserahkan kepada setiap sekolah.

Di tahun ini jumlah siswa RMP yang mendapatkan bantuan Kartu Bandung Juara sebanyak 98.740 siswa swasta dan negeri.

“Untuk tahap awal tata kelola disetiap sekolah. Kebutuhan siswa RMP akan dikelola oleh masing-masing sekolah berdasarkan kebutuhan tiap siswa,” ujar Mia di Bandung, Selasa (25/07/2017).

Mia menjelaskan untuk alokasi anggaran Kartu Bandung Juara ini dibagi dua yakni Rp. 141 Miliar untuk siswa SD, SMP dan SMA RMP di sekolah swasta. Sedangkan untuk sekolah negeri yaitu SD dan SMP dianggarkan sebesar Rp. 70 Miliar dengan target sasaran yakni siswa SD, SMP untuk sekolah negeri dan SD,SMP, SMA untuk sekolah swasta.

“Anggaran per siswa negeri SD Rp. 1.100.000, SMP Rp. 1.200.000. Sedangkan untuk siswa swasta SD diberikan dana sebesar Rp. 1.750.000, SMP Rp.1.800.000, dan SMA Rp. 2.000.000 pertahun,” jelasnya.

Sementara itu, untuk Kartu Bandung Juara ini sedang dalam proses pencetakan di Dinas Pendidikan yang kemudian akan didistribusikan ke setiap sekolah penerima bantuan.

“Kartunya sedang disiapkan untuk didistribusikan ke sekolah. Insya Allah Agustus mulai didistribusikan, kartu ini berisi nama dan nomor induk siswa penerima bantuan,” ujarnya.

Untuk diketahui, Kartu Bandung Juara ini tidak dapat dicairkan dalam bentuk uang namun dalam bentuk perlengkapan sekolah yakni 9 item kebutuhan personal siswa diantaranya sepatu, tas, seragam sekolah, batik, seragam olahraga, alat tulis dan seragam pramuka. (Nur)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Comments

comments

Related posts