4.000 Masjid Di Kota Bandung Akan Jadi Penyalur Kredit Mesra

4.000 Masjid Di Kota Bandung Akan Jadi Penyalur Kredit Mesra
Photo Credit To Walikota Bandung, Ridwan Kamil (Foto: Net)

JABAR NEWS | BANDUNG – Dalam waktu dekat Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan meluncurkan Kredit Masjid Sejahtera (Mesra) yang dikelola oleh perusahaan daerah Bank Perkreditan Rakyat Kota Bandung.

“Dalam waktu seminggu ini kita akan melahirkan inovasi baru. Yaitu kredit yang disalurkan lewat Masjid namanya Mesra,” ujar Walikota Bandung Ridwan Kamil dalam keterangan tertulisnya, Jumat (04/08/2017).

Emil, sapaan Walikota Bandung tersebut mengatakan program kredit yang disalurkan melalui Dewan Keluarga Masjid (DKM) itu ditunjukkan untuk mengentaskan masyarakat dari kemiskinan. 

“Jadi kepada warga yang kurang mampu, sekarang jika butuh bantuan keuangan buat usaha bisa mendatangi Masjid. Nanti DKM Masjid bekerjasama dengan BPR Kota Bandung untuk melakukan mekanisme penyaluran keuangannya dalam bentuk koperasi di Masjid,” jelas Emil.

Untuk kredit ini kata Emil, kurang lebih sekitar 4.000 Masjid di Kota Bandung akan menjadi penyalur kredit dalam program tersebut. 

“Nanti kita MoU dengan MUI kredit lewat Masjid. Syaratnya tidak pakai bunga, tidak pakai agunan,” ungkapnya. 

Sementara untuk teknis pinjaman akan terlebih dahulu dibicarakan dengan MUI dan BPR karena berbeda dengan kredit Melati yang pernah diluncurkan.

“Kredit Mesra ini berbasis sosial. Artinya, masyarakat yang meminjam dana harus secara berkelompok. Soal teknis, nanti akan terlebih dahulu dibicarakan dengan MUI dan BPR,” ujarnya.

Emil menambahkan, melalui Kredit Mesra, warga masyarakat Kota Bandung akan mendapat bantuan modal dari Rp. 1 Juta hingga Rp. 30 Juta. Dengan syarat pengajuan pinjaman berupa KTP, Kartu Keluarga serta administrasi lainnya.

“Penyaluran keuangannya ke dalam bentuk koperasi di masjid. Sehingga harapan saya, masyarakat Bandung akan semakin soleh dan masyarakat miskin kehidupannya bisa lebih terangkat,” harap Emil. (Nur)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Comments

comments

Related posts