Ridwan Kamil Serahkan Donasi Lebih Dari Rp. 4 Miliar Untuk Rohingya

Ridwan Kamil Serahkan Donasi Lebih Dari Rp. 4 Miliar Untuk Rohingya
Photo Credit To Walikota Bandung Ridwan Kamil dan isteri serta Vice Lresiden ACT Imam Akbari, CEO kitabisa.com Alfatih Timur dan para perwakilan donatur, Senin (11/09/2017). (Foto: Red)

JABAR NEWS | BANDUNG – Walikota Ridwan Kamil (Emil) menyerahkan donasi sebesar Rp. 4.395.886.046 (Empat Miliar Tiga Ratus Sembilan Puluh Lima Juta Delapan Ratus Delapan Puluh Enam Ribu Empat Puluh Enam Rupiah) untuk Rohingya kepada tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) sebagai penyalur bantuan.

Bantuan tersebut dari hasil pengumpulan donasi secara digital melalui kitabisa.com dan bantuan warga yang dikumpulkan melalui Camat dan Lurah di Kota Bandung.

“Saya selama 7 hari menyampaikan kampanye kepada warga Bandung untuk mengumpulkan donasi bagi Rohingya. Alhamdulillah terkumpul lebih dari 4 Miliar. Hari ini kita serahkan ke tim ACT untuk disampaikan kepada para pengungsi Rohingya di Myanmar,” ujar Emil di Pendopo Kota Bandung, Senin (11/09/2017).

Emil menuturkan dana Rp. 4,4 miliar tersebut terkumpul dari Kitabisa.com sebanyak Rp. 3,2 miliar. Dan dari pengumpulan manual yakni dari warga, para ASN, sekolah-sekolah juga dari pengusaha kota Bandung sebesar Rp. 1,2 miliar.

Emil menerangkan ada tiga kunci pengumpulan donasi agar bisa terkumpul cepat. Yakni Empati, Teknologi dan Komunikasi.

“Empati orang indonesia masih tinggi bertemu dengan teknologi (kitabisa.com)  bertemu dengan komunikasi. Ikatan tiga simpul ini yang menyebabkan pengumpulan  terkumpulnya donasi sebanyak ini hanya dalam satu minggu,” terangnya.

Ditemui ditempat yang sama CEO kitabisa.com Alfatih Timur mengatakan, pengumpulan dana untuk Rohingya ini merupakan pengumpulan dana tercepat dan donatur terbanyak dalam satu minggu waktu pengumpulan donasi.

“Buat kami ini pengumpulan tercepat mengumpulkan tiga miliar lebih dalam waktu satu minggu dengan 19 ribu donatur. Dan ini juga donatur terbanyak dalam satu campaign di kitabisa.com dengan rata-rata pengumpulan donasi perhari sebesar 200 juta rupiah,” ucapnya.

Alfatih menjelaskan hal ini sebagai bukti bahwa selalu ada orang baik yang memberikan kebaikan bagi sesama.

“Ini bukti orang baik bisa “berisik” untuk berbuat kebaikan,” ujarnya.

Sementara itu, Senior Vice President ACT, N. Imam Akbari menambahkan donasi tersebut akan segera diserahkan kepada para pengungsi Rohingya yang saat ini berada di Myanmar dan Bangladesh. Karena menurutnya kunci dalam menolong sebuah  bencana adalah kecepatan.

“Ini adalah amanah yang luar biasa dan kami apresiasi terkumpulnya donasi yang besar dalam waktu yang cepat. Karena kunci dalam menolong adalah cepat. Insya Allah amanah ini akan kami sampaikan dengan baik,” tambahnya.

Donasi tersebut akan diberikan dalam bentuk pangan dan medis. Pihaknya saat ini sedang menginisiasi untuk membangun selter di Bangladesh untuk Rohingya.

“Kami juga berencana untuk menyediakan kapal kemanusiaan agar donasi bisa terakomodir lebih banyak,” tutupnya. (Nur)

Jabar News | Berita Jawa Barat

Comments

comments

Related posts