Menteri BUMN Kunjungi Pesantren Darul Arqom Cilawu Garut

JABARNEWS | GARUT – Dalam lawatannya di Garut, Senin (21/5/2018), Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Sumarno, meninjau langsung sekaligus meresmikan Unit Usaha Penggilingan Beras yang dikelola oleh Mitra Desa Bersama di Kecamatan Kadungora. Unit usaha ini menjadi toko penyedia kebutuhan sarana produksi dan menjual kebutuhan harian masyarakat. Unit Toko Tani yang berintegrasi dengan BNI itu mendapat perhatian khusus dari Rini Sumarno.

Tak hanya itu, Mitra Desa Rice Mils yang dikelola Mitra Desa bersama itu, juga mendapat bantuan satu unit mesin pengering gabah dari program CSR BNI. Seusai peresmian Unit Usaha MDS Banyuresmi dan Kadungora, Rini melanjutkan lawatannya dengan meninjau program kredit mikro Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) yang dijalankan oleh PT Permodalan Nasional Madani (Persero). Sedikitnya, PT PNM telah memiliki 65.425 nasabah di Garut yang mayoritas memiliki pekerjaan berkebun dan bertani.

Baca Juga:  Operasi Pasar Disperindag Jabar Jual Bawang Putih Rp 28 Ribu per Kg

PNM sendiri, merupakan BUMN yang bergerak di bidang ekonomi kerakyatan melalui pembiayaan, pendampingan, dan jasa manajemen kepada pelaku usaha ultra mikro, mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Mekaar sendiri adalah produk pembiayaan usaha yang diberikan kepada kelompok perempuan prasejahtera produktif pelaku usaha ultra mikro.

Baca Juga:  Akampa Tanam Pohon, Bukan Afiliasi dengan Paslon

Produk PNM unggulan lainnya yaitu Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) yang khusus memberikan pembiayaan usaha kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah yang disertai dengan program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU). Saat ini PNM memiliki 2.383 kantor layanan, yang terdiri dari 64 kantor cabang PNM, 694 kantor layanan ULaMM dan 1.625 kantor cabang Mekaar.

Rini mengatakan, program itu sesuai dengan harapan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

Baca Juga:  HANI 2020, Polres Purwakarta Ajak Masyarakat Komitmen Perang Lawan Narkoba

“Program ini pun bekerja sama dengan PT MDB dan agen-agen sebagai distribution channel yang bertujuan untuk dapat mengintervensi pasar dan mempersingkat mata rantai yang selama ini berjalan sejak dulu yang melibatkan tengkulak dan penebas,” katanya.

Kehadiran Rini di Garut, terahir melakukan silaturahmi dengan Pesantren Darul Arqom di Cilawu Garut. Di pesantren ini, Rini juga menyaksikan program CSR BNI padat karya tunai CSR BNI untuk memperbaiki Pesantren Utsmaniyah Al Musri yang mengalami musibah kebakaran tahun 2017. (Tgr)

Jabarnews | Berita Jawa Barat