Ini Trik Untuk Hindari Kebakaran Di Tempat Tinggal

JABARNEWS | KAB. BANDUNG – Sebagai upaya mengantisipasi dan mewaspadai ancaman kebakaran di kawasan permukiman atau rumah tinggal, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bandung mengimbau masyarakat untuk menghindari korsleting.

“Apalagi untuk di rumah tinggal, warga atau penghuninya harus memerhatikan kompor atau tungku memasak jangan sampai lupa dipadamkan jika telah digunakan,” jelas Petugas Damkar Kabupaten Bandung, HM Iwan DJ, Minggu (14/10/2018).

Iwan mengingatkan kepada masyarakat harus memerhatikan sambungan regulator dari tabung gas elpiji ke kompor harus safety jangan bocor.

Baca Juga:  Alifurrahman Ngaku Diteror Soal Video Viral Isu Prabowo Cekik Wamen, Namun Tolak Menghapus

“Lebih penting lagi yang harus diperhatikan warga hindari membakar sampah sembarang tempat. Kemudian tidak membakar alang-alang untuk membuka lahan,” ungkap Iwan.

Para petugas Damkar pun saat melaksanakan tugas penanggulangan peristiwa kebakaran dihadapkan pada sejumlah kendala. Di antaranya, jalan macet dan sumber air kurang. “Perlu ditingkatkan lagi peran serta masyarakat dalam penanganan kebakaran,” harap Iwan.

Sementara itu peristiwa kebakaran menimpa tiga rumah warga di Kampung Babakan Jeungjing, RT 02, RW 03, Desa Cangkuang, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Sabtu (13/10/2018) malam pukul 21.53 WIB.

Baca Juga:  Wabup Subang Segera Dilantik

Ketiga rumah itu milik Tini berukuran 8 x 7 meter, Ujang Tedi 5 x 9 meter dan Aceng 8 x 6 meter. Penyebab kebakaran diduga dari korsleting listrik dan kerugian masih dalam penhitungan.

Untuk memadamkan api di lokasi kejadian, Dinas Damkar mengerahkan 2 unit Pancar Pos Cicalengka dan 1 unit Pancar Sub Pos Majalaya. Selain itu, di bantuan 1 Unit Pancar PT. SBA, dan 1 Unit Pancar PT. Kahatex.

Untuk mencegah peristiwa kebakaran meluas, saat tiba di lokasi Petugas Diskar Kabupaten Bandung langsung melakukan pemadaman. Selain itu pemblokiran area kebakaran agar tidak merembet ke rumah yang lain serta pembatasan api dilanjutkan dengan pendinginan.

Baca Juga:  Setelah dilantik, Para Kades terpilih di Purwakarta Bakal Diberikan Diklat

Di tempat terpisah, lahan alang-alang di Jalan Jalan Daraulin, Nanjung RT 01/RW 07 Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung ludes terbakar, Minggu (14/10/2018) pukul 12.25 WIB. Dua Unit Pancar Pos Soreang dikerahkan ke lokasi kejadian untuk memadamkan api. (Abh)

Jabarnews | Berita Jawa Barat