26 SMK Purwakarta Unjuk Kreatifitas Di SMK Expo

JABARNEWS | PURWAKARTA – Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK se- Kabupaten Purwakarta menggelar SMK Expo. Penampilan kreatifitas para siswa itu diikuti 26 sekolah SMK Negeri dan Swasta dari berbagai wilayah di Purwakarta, Rabu (31/10/2018).

Kegiatan berlangsung di Aula Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Purwakarta tersebut menjadi wadah unjuk kreatifitas siswa, khususnya dalam menghadapi era revolusi industri 4.0.

Hal itu disampaikan Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah SMK Darta, di sela kegiatan SMK Expo.

Baca Juga:  Ceramah Ustad Evie Dihadiri Kids Zaman Now

“Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan dan jawaban bahwa siswa SMK siap mendukung era industri 4.0 yang serba digital dan otomatis,” ujar Darta.

Darta menjelaskan, siswa SMK dididik untuk bersaing dan meningkatkan kompetensi. Melalui kegiatan ini harapannnya generasi milenal di Purwakarta bisa menjadi lebih kreatif.

“Termasuk siap menghadapi tantangan revolisi industri 4.0,” ujarnya.

Baca Juga:  14 Penyelam RSI Kibarkan Bendera Merah Putih di Dalam Danau Toba

Sementara itu, Direktur Pembina SMK Kementerian Pendidikan DR Ir Bakrun mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi pelaksanaan SMK Expo di mana sekolah bisa unjuk kerja apa yang sudah dihasilkannya.

“Anak-anak SMK di Purwakarta sangat kreatif. Bisa mengembangkan sistem digital dan otomatisasi. Di antaranya otomatisasi sistem pertanian, kendaraan, hidroponik, dan lainnya,” kata Bakrun.

Dijelaskannya, anak-anak SMK ini pada dasarnya memiliki kreatifitas sangat tinggi.

Baca Juga:  Jelang HUT Lantas ke-68, Polres Purwakarta Gelar Donor Darah

“SMK Expo ini peluang bagi sekolah untuk mempertunjukkan hasil karya para siswa,” ujarnya

Di samping itu, kata Bakrun, di kementerian juga sekarang ini tengah mengembangkan sekolah pencipta wirausaha.

“Saat ini ada 190 SMK dari 1.000 SMK yang mengikuti seleksi. Ke depan target kami menghasilkan 100.000 wirausaha muda,” pungkasnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat