Begini Cara Menghindari Riba Ketika Membeli Rumah

JABARNEWS | BANDUNG – Riba adalah penetapan bunga atau melebihkan jumlah pinjaman saat pengembalian berdasarkan persentase tertentu dari jumlah pinjaman pokok yang dibebankan kepada peminjam.

Hal tersebut biasanya tak bisa kita hindari dalam membeli sebuah rumah melalui perantara bank. Namun, untuk umat islam yang ingin membeli rumah tapi tak ingin terkena riba ada banyak cara yang bisa dilakukan.

Oleh sebab itu berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari riba ketika beli rumah yakni:

Baca Juga:  Rapat Pleno Perhitungan Suara Tingkat Provinsi Dibuka

Pertama. Hindari Cicilan dan Beli Rumah secara Tunai – Logikanya, kamu tidak akan dikenakan bunga jika tidak menerima kredit atau cicilan apapun dari bank. Maka dari itu, sebagai cara beli rumah tanpa riba, hindari kredit bank dan belilah rumah secara tunai.

Lagipula, membeli rumah secara tunai agaknya lebih menguntungkan. Dengan Begitu kamu dapat terbebas dari hutang cicilan rumah. Kedua, biasanya developer memberi harga spesial untuk para pembeli cash keras.

Baca Juga:  PPKM Disebut Jokowi Tak Efektif, Wiku: Pengawasan Ditingkatkan Sampai Mikro

Kedua. Ajukan Cicilan Langsung ke Developer Syariah – Beberapa developer juga menerima cicilan langsung tanpa perantara bank. Namun, pastikan kamu memilih pengembang syariah ketika mengajukan kredit tersebut.

Pengembang syariah biasanya memberikan fasilitas cicilan tanpa riba dengan jangka waktu yang terbatas. Hal tersebut jadi salah satu kekurangan metode ini, sebab rata-rata durasi kredit hanya 1-5 tahun saja. Meski begitu, salah satu keunggulan yang bisa dinikmati jika membeli di perumahan syariah adalah tidak adanya BI Checking.

Baca Juga:  Gunung di Purwakarta Belah, Dedi Mulyadi: Larang Penambang Mendekat

Ketiga. Membangun Rumah secara Bertahap – Cara beli rumah tanpa riba berikutnya yang bisa dicoba adalah dengan membangun rumah secara pribadi dan bertahap. Jika uangmu cukup untuk membangun rumah tersebut secara langsung, maka sah-sah saja.

Namun, bila budget yang kamu siapkan tidak memungkinkan hal tersebut, maka lakukan pembangunan secara bertahap. Mula-mula, kamu bisa membeli lahan untuk membangun rumah tersebut lebih dulu. (Red)