Ridwan Kamil Inginkan Tes PCR Gratis, Penurunan Harganya Dipantau

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil berharap tes PCR (polymerase chain reaction) bisa diselenggarakan secara gratis.

Ridwan Kamil menyatakan hal itu ketika dimintai pendapat tentang kebijakan penurunan harga tes PCR menjadi Rp450 ribu hingga Rp500 ribu.

“Intinya saya mah kalau bisa gratis ya gratis. Tapi jangan membebani rakyat. Di India saja bisa murah di bawah Rp100 ribu kenapa kita kemarin-kemarin bisa Rp900 ribu hingga Rp1 juta,” kata Ridwan Kamil, di Bandung, Rabu (18/8/2021).

Baca Juga:  Trans Studio Cibubur Miliki 2 Wahana Paling Canggih di Dunia

Ridwan Kamil menyatakan akan mengevaluasi penurunan harga tes PCR tersebut. Ridwan Kamil juga berharap penyedia jasa tes PCR bisa mentaati keputusan tersebut.

Baca Juga:  Wagub Uu Jadi "Amirul Hajj Jawa Bart"

“Dengan diturunkan Rp400 ribu hingga Rp500 ribu, kita evaluasi dulu. Mudah-mudahan ditaati oleh pengelola dan memudahkan ikhtiar. Sampai suatu hari urusan pandemi ini mudah sekali sehingga kita bisa fokus ke hal lain,” kata dia.

Baca Juga:  Penyebar Paham Sensen Presiden Indonesia Tidak Gila

Khusus di Jabar, kata Ridwan Kamil, pihaknya akan melakukan monitoring dan berkeliling mengecek sampling terkait penurunan harga tes PCR.

“Mudah-mudahan ditaati penurunan harga PCR setengahnya. Suatu hari kita doakan ada sebuah upaya lebih mudah lagi,” kata dia. (Red)